Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Gelar Latihan Sekaligus Tekan Pergerakan Teroris di Poso

Kompas.com - 17/03/2015, 19:21 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan bahwa TNI akan menggelar latihan di Poso, Sulawesi Tengah, pada akhir Maret 2015. Poso dipilih sebagai lokasi latihan karena medannya yang cocok, sekaligus untuk menekan pergerakan kelompok radikal yang ditengarai bersembunyi di wilayah sekitar.

"Namanya latihan harus medan yang sebenarnya," kata Moeldoko, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Moeldoko menuturkan, pergerakan kelompok radikal jaringan Santoso atau para pengikut ISIS terendus ada di sekitar Poso. Ia ingin TNI memperkuat kinerja Polri yang intensif menekan pergerakan jaringan teroris.

"Memang ada (di sana) seperti kelompok Santoso. Kalau kita diamkan, kok (mereka) nyaman di sana," ucap Moeldoko.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhie Purdijatno mengungkapkan bahwa latihan TNI yang digelar di Poso bisa saja dimanfaatkan untuk menjalankan operasi pembasmian kelompok radikal. Ia menyebut TNI akan menerjunkan pasukan pemukul reaksi cepat (PPRC) dalam latihan tersebut.

Menurut Tedjo, pergerakan kelompok radikal di Poso bisa dirasakan meski tidak terlalu besar. Ia berharap latihan TNI ini akan menjamin keamanan Poso, khususnya saat berlangsungnya Sail Tomini pada September 2015.

"TNI latihan di sana, dan akan dilanjutkan dengan operasi kan bisa saja," ujar Tedjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com