Nasdem Nilai Wajar Presiden Jokowi Tunggu Praperadilan Selesai

Kompas.com - 09/02/2015, 20:18 WIB
Presiden Joko Widodo saat di Bandara Halim Perdana Kusuma sebelum berangkat menuju longsor di Banjarnegara indra/kompas.comPresiden Joko Widodo saat di Bandara Halim Perdana Kusuma sebelum berangkat menuju longsor di Banjarnegara
Penulis Dani Prabowo
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com — Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella menilai, sikap Presiden Joko Widodo yang hingga kini belum memutuskan nasib Komjen Budi Gunawan adalah hal yang wajar. Menurut dia, Presiden Jokowi saat ini tengah berupaya menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan mengenai Budi.

"Jadi, tunggu selesai praperadilan, baru Presiden ambil keputusan. Saya kira itu keputusan yang paling adil yang bisa diambil dalam situasi pelik seperti ini," kata Patrice di Kompleks Parlemen, Senin (9/2/2015).

Patrice mengatakan, DPR sebelumnya telah menyetujui penunjukan Budi sebagai kepala Polri. Keputusan DPR merupakan keputusan lembaga, bukan keputusan orang per orang. Oleh sebab itu, Presiden Jokowi memerlukan alasan yang tepat apabila memang berkeinginan membatalkan pelantikan Budi.

Sementara itu, menanggapi pengajuan praperadilan Budi, Patrice menilai, hal itu merupakan hak Kepala Lembaga Pendidikan Polri sebagai warga negara, meskipun, kata dia, di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana tidak diatur bahwa penetapan tersangka dapat dipraperadilankan.

"Tapi, ada pra-kondisi kenapa dia jadi tersangka. Itu juga harus dilihat sah atau tidak ditetapkan," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X