Kompolnas Wawancarai Calon Kapolri Satu Per Satu

Kompas.com - 06/02/2015, 14:37 WIB
Ilustrasi KOMPASIlustrasi
|
EditorLaksono Hari Wiwoho


JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Kepolisian Nasional mewawancarai empat kandidat baru kepala Polri. Wawancara itu dilaksanakan satu per satu.

Komisioner Kompolnas M Nasser mengatakan bahwa wawancara kandidat kepala Polri sudah mulai digelar sejak Kamis (5/2/2015) kemarin. Wawancara dilanjutkan pada Jumat (6/2/2015) ini. "Sampai siang ini, ada dua yang diwawancarai, Pak Dwi dan Pak Putut. Sisanya sekarang ini," ujar Nasser kepada Kompas.com, Jumat pagi.

Ia menyebutkan, wawancara tersebut untuk mengetahui visi dan misi para calon kepala Polri, setidaknya dari dua ukuran. Kompolnas mengukur kemampuan sosok calon tersebut dalam membangun soliditas internal. Kompolnas juga menakar kemampuan calon dalam bekerja sama dengan institusi penegak hukum lain.

Seiring wawancara itu, Kompolnas juga mempersiapkan rekam jejak karier kandidat sekaligus catatan kariernya selama menjadi polisi. Nasser mengatakan, wawancara tersebut untuk persiapan jika sewaktu-waktu Presiden memutuskan akan menilik ulang calon kepala Polri.


Dalam Pasal 4 huruf a dan b Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2011 tentang Komisi Kepolisian Nasional disebutkan, Kompolnas bertugas membantu presiden dalam menetapkan arah kebijakan Polri dan memberi pertimbangan kepada presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian kepala Polri. Adapun Pasal 6 menyebutkan bahwa Kompolnas memberikan pertimbangan kepada presiden atas hasil pemantauan dan evaluasi kerja terhadap kepala polri dalam rangka memberikan pertimbangan dan perwira tinggi Polri dalam rangka memberikan pertimbangan pengangkatan calon kepala Polri.

Nasser mengatakan bahwa jika Presiden Joko Widodo batal melantik Komjen Budi Gunawan sebagai kepala Polri, ada empat calon yang tengah disiapkan oleh Kompolnas sebagai calon baru (Baca: Kompolnas Coret Budi Gunawan dan Suhardi Alius dari Daftar Calon Kapolri). Mereka adalah Wakil Kepala Polri Komjen Badrodin Haiti, Inspektur Pengawasan Umum Polri Komjen Dwi Prayitno, Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Putut Eko Bayusen, dan nama baru di jajaran bintang tiga, yakni Kepala Badan Reserse Kriminal Komjen Budi Waseso. (Baca: Tim Independen Heran Budi Waseso Masuk Bursa Calon Kapolri).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X