Kompas.com - 05/02/2015, 17:02 WIB
Ilustrasi KOMPASIlustrasi
Penulis Icha Rastika
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly mengatakan, sudah ada tanda-tanda terpidana kasus penimbunan bahan bakar minyak dan kayu di Raja Ampat, Aiptu Labora Sitorus, akan menyerahkan diri. Kepolisian Daerah Papua Barat telah meminta waktu untuk membawa kembali Labora ke Lembaga Pemasyarakatan Sorong. 

"Kemarin Pak Kapolda minta supaya dikasih waktu. Saya dapat laporan sudah ada tanda-tanda dia (Labora) mau menyerahkan diri," kata Yasonna di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (5/2/2015). Yasonna pun memberikan waktu kepada Polda Papua Barat selama dua pekan untuk membawa kembali Labora ke Lapas.

Sejauh ini, Yasonna mengaku belum mengetahui lokasi keberadaan Labora. Mengenai oknum Lembaga Pemasyarakatan Sorong yang mengeluarkan surat pembebasan Labora, Ia mengatakan bahwa tindakan tegas terhadap pejabat tersebut akan dilakukan.

"Inspektorat masih di sana membuat BAP (berita acara pemeriksaan), dirjen sudah kembali, sudah laporan," ujar Yasonna. (Baca: Aiptu Labora Sitorus Dilindungi Oknum Aparat)

Ada dugaan Pelaksana Harian Kepala LP Sorong Isak Wanggai menerbitkan surat pembebasan Labora yang tidak sesuai prosedur. Labora adalah terpidana kasus pencucian uang serta penimbunan bahan bakar minyak dan kayu di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Ia memiliki uang di rekening bank mencapai Rp 1,5 triliun. Pada 17 September 2014, Mahkamah Agung menolak kasasi Labora serta memvonis 15 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar.

Sebelumnya, dalam tahapan banding yang diajukan jaksa penuntut umum di Pengadilan Tinggi Papua, Labora divonis 8 tahun penjara. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Tony Tribagus Spontana juga mengungkapkan adanya kesalahan prosedur di Kemenkumham terkait surat bebas hukum pada Labora. Ia menilai, lepasnya Labora dari LP Sorong merupakan tanggung jawab Kemenkumham. (Baca: Polisi Pastikan Labora Sitorus Masih Ada di Sorong)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.