Kompas.com - 03/02/2015, 12:47 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho


JAKARTA, KOMPAS.com  Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto memilih berjalan kaki dari depan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, ke Gedung Badan Reserse Kriminal Polri, Senin (3/2/2015) pukul 11.50 WIB. Dia didampingi sejumlah kuasa hukum, salah satunya Nursyahbani Katjasungkana, untuk menjalani pemeriksaan atas kasus yang menjeratnya.

Mengenakan kemeja hitam lengan panjang, Bambang dijemput Provos Polri Ajun Komisaris Polisi Iqbal di pos penjagaan. Ia tampak berbincang-bincang dengan polisi yang menjemputnya. Dengan didampingi polisi tersebut, Bambang berjalan ke Mabes Polri.

Wartawan sudah berbaris rapi menunggu pernyataan Bambang di teras Bareskrim. Namun, pernyataan perihal kedatangannya bukan dilontarkan oleh Bambang, melainkan oleh kuasa hukumnya, Nursyahbani.

Nursyahbani menjelaskan bahwa kedatangannya dalam rangka pemeriksaan kedua atas sangkaan menyuruh saksi memberikan keterangan palsu di sidang Mahkamah Konstitusi pada 2010. Wartawan mencoba menanyakan langsung kepada Bambang. Namun, dia tak menjawab. Bambang melambaikan tangan sembari tersenyum ke arah wartawan penanya.

Hingga akhir sesi wawancara, Bambang tidak bicara. Segala pertanyaan diserahkan Bambang kepada kuasa hukumnya.

Bambang ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menyuruh saksi memberikan keterangan palsu dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pilkada di Kotawaringin Barat pada 2010. Ia diduga terlibat tindak pidana memberikan keterangan palsu di bawah sumpah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 242 ayat 1 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 juncto Pasal 55 ayat ke 2 KUHP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.