Komnas HAM Akan Periksa Kabareskrim Irjen Budi Waseso

Kompas.com - 28/01/2015, 16:20 WIB
Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Irjen Pol Budi Waseso FATHUR ROCHMANKepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Irjen Pol Budi Waseso
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com - Tim penyelidik dugaan kriminalisasi Bambang Widjojanto yang dibentuk Komnas HAM akan meminta keterangan Kepala Bareskrim Inspektur Jendral Budi Waseso, Jumat (30/1/2015).

"Budi Waseso akan datang ke kantor Komnas HAM, Jumat lusa," ujar ketua tim Nur Kholis di kompleks Mabes Polri, Rabu (28/1/2015) siang.

Nur Kholis mengatakan, pertemuan tersebut dalam rangka penyelidikan dugaan tindak kriminalisasi terhadap wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut. Sejauh ini, lanjut Nur Kholis, tim penyelidikan telah menggali informasi dari Wakil Kapolri Komjen Badrodin Haiti dan stafnya.

Tim baru mengorek perihal penangkapan Bambang, Jumat (23/1/2015) lalu di dekat sekolah anak bungsunya.


Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Ronny Frangky Sompie menyatakan, undangan Komnas HAM tersebut telah dimasukan ke jadwal Budi Waseso. Dia yakin Kabareskrim akan datang dalam pertemuan tersebut.

"Karena sudah dijadwalkan, sudah kita koordinasikan tentang kegiatan hari Jumat lusa," ujar Ronny.

Bambang ditangkap Bareskrim, Jumat lalu. Ia dituduh terlibat menyuruh saksi memberikan keterangan palsu dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pilkada di Kotawaringin Barat pada 2010.

Seperti diketahui, sebelum menjabat sebagai pimpinan KPK, Bambang adalah pengacara yang biasa berperkara di MK. Banyak pihak yang menyebutkan bahwa penangkapan Bambang merupakan bentuk kriminalisasi oleh Polri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X