Kompas.com - 16/01/2015, 15:05 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla menepis kabar yang menyebutkan bahwa Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal Suhardi Alius dicopot dari jabatannya. Menurut Kalla, sejauh ini belum ada pergantian Kabareskrim.

"Kan itu kabar, siapa bilang dia dicopot? Kan belum dicopot," kata Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (16/1/2015).

Mengenai kemungkinan pencopotan Suhardi, Kalla mengatakan bahwa hal itu merupakan kewenangan kepala Kepolisian RI yang baru.

"Tergantung Kapolri yang baru," sambung dia.

Ia juga membantah isu yang menyebutkan bahwa Presiden sudah menerbitkan keputusan presiden yang memberhentikan Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman.

"Tidak, tidak, DPR kan sudah memutuskan, tapi belum ada keppres dari Presiden. Nah baru berlaku efektif kalau sudah ada keppres itu, kan sekarang belum, ya tunggu saja, sabar-sabar," kata dia.

Mengenai kedatangan Sutarman, Budi Gunawan, dan Wakil Kepala Kepolisian RI Badrodin Haiti ke Istana, pagi tadi, Kalla mengaku tidak tahu. Ia mengatakan tidak sempat bertemu dengan Sutarman.

Sebelumnya diberitakan jika Suhardi dimutasi ke Lembaga Ketahanan Nasional. Posisi Suhardi sebagai Kabareskrim infonya akan digantikan Inspektur Jenderal (Pol) Budi Waseso yang dikenal dekat dengan calon tunggal kepala Polri Komjen Budi Gunawan.

Selain soal pencopotan Suhardi, beredar kabar jika Presiden sudah mencopot Sutarman dan menunjuk Wakapolri Badrodin Haiti sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri untuk sementara waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.