Andi Widjajanto Pilih Teten Masduki, Alexander Lay dan Jaleswari Jadi Stafsus Seskab - Kompas.com

Andi Widjajanto Pilih Teten Masduki, Alexander Lay dan Jaleswari Jadi Stafsus Seskab

Kompas.com - 02/01/2015, 16:26 WIB
Kompas.com/SABRINA ASRIL Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto


JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengangkat tiga orang staf khusus untuk membantunya. Ketiga staf khusus itu telah resmi diangkat mulai Jumat (2/1/2015) hari ini. Andi menjelaskan, ketiga staf khususnya itu adalah pegiat antikorupsi Teten Masduki, praktisi hukum Alexander Lay, dan pengamat pertahanan Jaleswari Pramodhawardani.

"Jadi ketiganya nanti akan mengawal kerja-kerja Seskab," kata Andi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat sore.

Ia melanjutkan, secara spesifik Teten akan membidangi hal-hal yang berkaitan dengan good governance, Alexander Lay ke sisi hukum dan perundang-undangan, serta Jaleswari fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan kelompok minoritas, aktivis perempuan dan anak-anak.

Saat ditanya bahwa pengangkatan tiga staf khusus ini berpotensi menuai tudingan bagi-bagi kekuasaan, Andi mengaku tak ingin mengkhawatirkannya. Dari ketiga staf khusus Andi, Teten dan Alexander merupakan figur yang membantu pemenangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla pada Pemilu Presiden 2014.

"Kalau ada kesan seperti itu (bagi-bagi kekuasaan), lalu apa masalahnya? Setiap menteri punya tiga staf khusus untuk memperkuat kinerja, terserah menterinya mau atau enggak," pungkasnya.

Teten dikenal sebagai pegiat antikorupsi yang juga pernah memimpin Indonesia Corruption Watch (ICW). Ia pernah mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat bersama Rieke Dyah Pitaloka dari PDI-P, meski akhirnya harus kalah dari pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar.

Alexander Lay saat kampanye Pilpres 2014 menjadi Tim Advokasi Jokowi-JK. Andi dan Teten adalah figur dibalik kemenangan Jokowi-JK. Kemudian, Jaleswari atau Dhani dikenal sebagai pengamat pertahanan dari LIPI. Ia juga diketahui cukup sering membuat tulisan tentang masa kampanye Pilpres 2014.


EditorFidel Ali Permana

Close Ads X