Basarnas: Masih Ada Kemungkinan Pesawat AirAsia Mendarat di Suatu Tempat

Kompas.com - 28/12/2014, 14:17 WIB
Lokasi terakhir pesawat Air Asia QZ8501 yang direkam situs Flightradar24. Flightradar24Lokasi terakhir pesawat Air Asia QZ8501 yang direkam situs Flightradar24.
|
EditorFidel Ali Permana


TANGERANG, KOMPAS.com
- Baik pihak Kementerian Perhubungan atau pun Badan SAR Nasional sama sekali belum bisa memastikan apakah pesawat AirAsia QZ8501 jatuh. Kepala Basarnas DKI Jakarta Sutrisno bahkan menyebutkan adanya kemungkinan pesawat mendarat di suatu tempat yang tak diketahui.

"Karena endurance pesawatnya itu 4 jam, dan ini terbang belum 2 jam, jadi pesawat bisa meluncur lebih jauh lagi. Bisa saja pesawat mendarat di suatu tempat," kata Sutrisno usai jumpa pers di kantor Otoritas Bandara Wilayah II, Tangerang, Minggu (28/12/2014).

Sutrisno menuturkan hingga kini Basarnas pun belum memastikan pesawat jatuh. Maka dari itu, dia pun menyebutkan bahwa wilayah pencairan Airasia QZ85 masih dilakukan di sekitar pantai Tanjung Pandan dan Pontianak dengan menggunakan 7 kapal dan 2 helikopter Basarnas.

Apabila dilakukan upaya pencairan di laut, Basarnas akan mendapat bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta TNI Angkatan Laut.

"Kami harapkan semua pihak memberikan informasi soal keberadaan pesawat itu, apa pun yang dicurigai ke Basarnas. Mudah-mudahan pesawat ini landing di satu tempat yang belum diketahui," kata Sutrisno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.