Selain Hadiri Perayaan Natal, Jokowi Akan "Blusukan" di Papua - Kompas.com

Selain Hadiri Perayaan Natal, Jokowi Akan "Blusukan" di Papua

Kompas.com - 18/12/2014, 17:28 WIB
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Joko Widodo (Jokowi) disambut warga saat tiba di Desa Yoka, Distrik Heram, Jayapura, Papua, Kamis (5/6/2014) dalam kampanye Pilpres 2014.

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo akan terbang ke Papua selama beberapa hari untuk menghadiri Perayaan Natal Nasional 2014. Tidak hanya itu, Jokowi juga akan blusukan di Bumi Cenderawasih dan direncanakan akan mengunjungi tiga-empat titik lokasi.

"Tadi rapat, termasuk acara Natal. Akan segera dimatangkan. Ada tiga atau empat titik yang akan dikunjungi," ujar Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Istana Kepresidenan, Kamis (18/12/2014).

Andi mengungkapkan, Jokowi juga masih mempertimbangkan apakah akan masuk ke daerah konflik di Papua atau tidak. Menurut dia, Presiden ingin bepergian ke wilayah yang menyebabkan dia bisa mendengar suara dan aspirasi dari para warganya.

"Bagaimana orang Papua berbicara tentang tanah Papua," kata Andi.

Pengamanan disiapkan

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno mengatakan, ada tiga lokasi yang rencananya akan didatangi Jokowi, yakni Jayapura, Wamena, dan Sorong. Dari segi pengamanan, sebut Tedjo, semua aparat sudah menyatakan kesiapannya.

"Jadi, dari Papua, Polda, Kodam, sudah menyatakan siap," ungkap Tedjo.

Sementara itu, Kepala Badan Intelijen Negara Marciano Norman memastikan kondisi Papua berangsur kondusif pasca-peristiwa penembakan warga sipil di Paniai, Papua. Menurut dia, pengamanan terpadu dilakukan, termasuk dengan melibatkan masyarakat Papua.

"Saya mengimbau bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menyambut Presiden dengan sukacita dalam suasana damai," kata Marciano.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBayu Galih
Komentar
Close Ads X