Politisi Golkar: Banyak Kader Ingin Rekonsiliasi

Kompas.com - 14/12/2014, 17:21 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (kanan) berbincang dengan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Agung Laksono beberapa waktu lalu KOMPAS/HENDRA A SETYAWANKetua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (kanan) berbincang dengan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Agung Laksono beberapa waktu lalu
Penulis Ihsanuddin
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
- Politisi Partai Golkar Taufiq Hidayat meminta konflik internal antara kubu Aburizal Bakrie dan kubu Agung Laksono segera diselesaikan. Pasalnya, kata dia, banyak kader Golkar yang bingung dengan perpecahan dan lebih menginginkan kedua kubu melakukan rekonsiliasi daripada saling adu kuat.

"Melihat perkembangan yang terjadi, saya berpandangan jalan rekonsoliasi adalah sangat baik, kalau berjalan efektif ini akan jalan cepat. Ini akan berdampak baik terhadap proses penyatuan," ujar Taufiq saat dihubungi, Minggu (14/12/2014).

Taufiq mengatakan, dia dan banyak kader Golkar lainnya berada dalam posisi di tengah-tengah menyikapi konflik ini. Dia mengaku tidak mendukung kubu Aburizal atau kubu Agung.

Dia meminta dua kelompok yang saat ini saling klaim menguasai Golkar, untuk mendengarkan keinginan para kadernya. Dengan begitu, rekonsiliasi bisa dilakukan tanpa perlu menempuh proses pengadilan. (baca: Muladi: Konflik Aburizal Vs Agung Laksono Baiknya Diselesaikan di Pengadilan)

"Jalan lain ada, menempuh jalur hukum, ini juga ada masalah waktu, dan yang tak dapat diprediksi hasilnya. Oleh karena itu saya mendorong jalan rekonsiliasi untuk kedua kubu," terangnya.

Lebih jauh, Mantan Ketua Umum PB HMI ini mengungkapkan, diperlukan sebuah tahapan di dalam rekonsoliasi. Hal yang paling utama, kata Taufiq, adalah bagaimana menguatkan semangat rekonsiliasi tersebut agar terealisasi. (baca: Hajriyanto: Perpecahan Merembet ke Fraksi Golkar, Kedua Kubu Harus Mau Rekonsiliasi)

"Dengan investigasi, mediasi, settelment. Bisa langsung ke tahap mediasi. Mediasi ini akan saya komunikasikan kedua belah pihak," pungkasnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X