Kompas.com - 14/12/2014, 12:51 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengkritik kebijakan pemerintah Jokowi-JK yang kerap menggunakan konsep gerak cepat dan ideologi nasionalisme.

Koordinator Kontras Haris Azhar mencontohkan mengenai penenggelaman kapal ilegal di perairan Indonesia yang dilakukan oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Kontras menilai, langkah tersebut terlalu terburu-buru dan tidak sesuai mekanisme yang ada.

"HAM akan tergerus oleh konsep gerak cepat dan nasionalisme ini. Contohnya Kementerian (Kelautan dan Perikanan) Ibu Susi (Pudjiastuti) menerapkan pembakaran dan penenggelaman kapal yang masuk wilayah tanpa izin," kata Haris dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (14/12/2014).

Akibat menggunakan konsep gerak cepat dan nasionalisme, kata Haris, pemerintah mengabaikan mekanisme yang harusnya dilakukan. Padahal, menurut dia, seharusnya ada proses peradilan yang dilakukan sebelum kapal ditenggelamkan.

"Apalagi yang ditenggelamkan itu ternyata cuma perahu kecil, bukan kapal-kapal besar," tambah Haris.

Untuk diketahui, penenggelaman kapal ini mengacu kepada Pasal 69 ayat (1) dan (4) Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. Aturan dalam ayat (1) berisi, "Kapal pengawas perikanan berfungsi melaksanakan pengawasan dan penegakan hukum di bidang perikanan dalam wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indonesia."

Adapun ayat (4) berbunyi, "Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana ayat (1) penyidik dan atau pengawas perikanan dapat melakukan tindakan khusus berupa pembakaran dan atau penenggelaman kapal perikanan berbendera asing berdasarkan bukti permulaan yang cukup."

Baca juga: JK Mengaku Sempat Ragu Saat Jokowi Pilih Susi Jadi Menteri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.