Kompas.com - 03/11/2014, 15:15 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Kesehatan Nila Moeloek menyatakan bahwa dua pasien yang dirawat di Madiun dan Kediri negatif ebola. Meski demikian, Nila meminta agar langkah antisipatif tetap dilakukan.

"Hasil terakhir tadi malam negatif, tapi tetap kita antisipasi menjaganya, itu saja," kata Nila di sela-sela peluncuran Kartu Indonesia Sehat, Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera di Jakarta, Senin (3/11/2014).

Nila menilai perlu dilakukan karantina di pelabuhan-pelabuhan, terutama pelabuhan tempat warga negara Indonesia yang kembali dari negara endemi ebola. WNI yang pulang dari negara endemi ebola akan diambil contoh darahnya untuk kemudian dicek dalam 2x24 jam.

"Karena mereka yang pulang dari daerah itu sebenarnya sudah ada pemeriksaan, tapi kan masa inkubasinnya 21 hari dengan nanti kita harus mengawasi kalau ada demam. Pokoknya kita ambil sampel darahnya, kita cek 48 jam," tutur Nila.

Warga asal Madiun dan Kediri yang baru tiba dari Liberia, salah satu negara endemik ebola, mengalami demam. Keduanya langsung diisolasi di rumah sakit daerah masing-masing. Sampel darah mereka kemudian dikirim ke laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehantan di Jakarta untuk diperiksa.

Pemeriksaan sampel darah ini bukan yang pertama kali. Kurang dari 1 bulan lalu, Balitbangkes Kemenkes RI pernah melakukan pemeriksaan terhadap 3 sampel yang diduga ebola, yaitu terhadap 2 warga negara Indonesia dan 1 warga negara asing. Ketiganya pun dinyatakan negatif.

Sementara itu, GN kini masih menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pare, Kediri, Jawa Timur. Waspada ebola ini karena GN menderita sakit demam setelah pulang dari Liberia. Sejauh ini, kondisi GN pun berangsur membaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.