Ini Pimpinan DPR Versi Koalisi Indonesia Hebat - Kompas.com

Ini Pimpinan DPR Versi Koalisi Indonesia Hebat

Kompas.com - 31/10/2014, 12:18 WIB
KOMPAS.com/IHSANUDDIN Suasana rapat paripurna pemilihan pimpinan DPR tandingan yang digelar fraksi kubu Koalisi Indonesia Hebat

JAKARTA, KOMPAS.com 
— Fraksi yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di DPR RI membentuk struktur pimpinan DPR RI tandingan. Mereka tidak mengakui kepemimpinan Setya Novanto dan empat wakilnya, yakni Fadli Zon, Fahri Hamzah, Agus Hermanto, dan Taufik Kurniawan.

Pembahasan pemilihan pimpinan DPR tandingan tersebut digelar di ruang Badan Musyawarah DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (31/10/2014), dengan dihadiri F-PDI Perjuangan, F-Partai Nasdem, F-PPP, F-PKB, dan F-Partai Hanura. Tidak ada anggota fraksi kubu Koalisi Merah Putih (KMP) yang hadir dalam pembahasan ini.

Dalam pemilihan pimpinan DPR tandingan tersebut, tiap-tiap fraksi mengusulkan satu nama. PKB mengusulkan nama untuk ketua DPR RI, yakni Ida Fauziah. Empat fraksi lain mengusulkan anggotanya sebagai wakil ketua, yakni Effendi Simbolon (PDI-P), Iskandar Prasetyo (Partai Hanura), Syaifullah Tamliha (PPP), Supiadin (Partai Nasdem). 

Susunan pimpinan tersebut berubah dari yang sudah disepakati sebelumnya. Tiga politisi yang sudah didaulat sebagai pimpinan DPR sementara itu tidak menghadiri rapat paripurna tersebut. (Baca: Pramono, Rio Capella, Kadir Karding Tak Hadiri Sidang Paripurna DPR Tandingan)

"Apakah semua setuju?" ujar perwakilan fraksi KIH sekaligus politikus PPP, Asrun Sani.

Semua anggota berteriak "setuju".

Meski demikian, pimpinan DPR RI tersebut bersifat sementara. Sebab, lima pimpinan DPR RI itu belum dilantik. Ida Fauziah selaku Ketua DPR RI sementara memutuskan menunggu usulan dari fraksi kubu KMP soal nama-nama pimpinan DPR RI. 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorSandro Gatra

Close Ads X