Buya Syafi'i Sebut Jokowi Cerdik dalam Susun Kabinet

Kompas.com - 25/10/2014, 16:15 WIB
Ahmad Syafi'i Ma'arif KOMPAS.COM/Sandro GatraAhmad Syafi'i Ma'arif
|
EditorDesy Afrianti
MAGELANG, KOMPAS.com — Mantan Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Syafi’i Ma’arif atau yang akrab disapa Buya Syafi’i menilai Presiden Joko Widodo telah mengambil langkah cerdik dalam proses penyusunan kabinet pemerintahannya.

Meski banyak pihak yang menganggap langkah tersebut terlalu lama dan bertele-tele. "Menurut saya itu (penyusunan kabinet) cerdik, walaupun banyak orang yang tidak suka, tetapi saya suka," kata Buya seusai menjadi narasumber dalam Kongres Persaudaraan Sejati Lintas Iman yang diselenggarakan Keuskupan Agung Semarang, di kompleks Museum Misi Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/10/2014).

Buya mengatakan, keterlibatan beberapa lembaga seperti Komisi Pemberantasan Korupsi serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan dalam perekrutan "pembantu-pembantu" Presiden adalah cara yang tepat untuk memperoleh kabinet yang bersih dan profesional.

"Masukan KPK dan PPATK baik sekali, (calon menteri) yang sudah diberi spidol merah dan kuning itu memang sebaiknya di luar (kabinet)," ujar Buya. [Baca: Pengumuman Kabinet Batal Lagi, Pembicaraan Disebut Alot]

Meski banyak pihak yang menilai Jokowi terlalu lama mengumumkan susunan kabinet kepada masyarakat setelah dilantik 20 Oktober 2014 lalu, Buya mengatakan hal itu wajar.

Apalagi, kata dia, sesuai undang-undang, Presiden diberi waktu sampai 14 hari setelah pelantikan untuk menyusun dan mengumumkan ke publik.

"Menurut saya, tidak apa-apa asalkan masyarakat diberi penjelasan. Dalam undang-undang saja sampai 14 hari, ini seminggu saja belum," kata Buya yang juga seorang budayawan itu.

Selanjutnya, Buya berharap pemerintahan Jokowi bekerja dengan lebih baik, menepati janji-janji yang digaungkan ketika kampanye dahulu, konsisten, jujur, dan konsekuen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X