Laporan KPK Soal 4 Calon Menteri Bermasalah Sedang Diteliti Jokowi-JK - Kompas.com

Laporan KPK Soal 4 Calon Menteri Bermasalah Sedang Diteliti Jokowi-JK

Kompas.com - 24/10/2014, 21:54 WIB
KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Presiden Joko Widodo memberikan konferensi pers di halaman belakang komplek istana, Jakartabeberapa waktu lalu.
JAKARTA, KOMPAS.com- Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyerahkan laporan terakhir soal jejak rekam empat calon menteri, Jumat (24/10/2014) malam. Laporan itu kini tengah dibaca Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk selanjutnya diumumkan kepada publik.

"PPATK sudah, dan KPK sedang dipelajari. Kalau hasilnya tak harus revisi, maka akan siap diumumkan," ujar mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto di Istana Negara, Jakarta, Jumat malam.

Pemberian laporan dari KPK, sebut Andi, dilakukan oleh Abraham Samad, Bambang Widjojanto, Zulkarnain, dan Adnan Pandu Praja. Andi membenarkan bahwa dalam laporan KPK itu ada empat nama yang diserahkan. Namun, dia tak mengetahui apakah ada yang kembali mendapat rapor merah atau kuning.

"Pada dasarnya kalau tidak ada masalah, kabinetnya akan dikenalkan," ucap dia.

Jokowi-Jusuf Kalla menggandeng KPK dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menelusuri jejak rekam calon menteri. Awalnya, Jokowi-JK menyerahkan 43 nama, 8 orang di antaranya ternyata mendapat rapor merah dan kuning.

Setelah itu, Jokowi kembali menyerahkan delapan nama baru, namun lagi-lagi KPK memberi stabilo merah untuk empat nama baru. Terakhir, Andi mengungkapkan empat nama baru kembali diusulkan ke KPK dan hasilnya kini dipegang oleh Jokowi dan Jusuf Kalla.

"Saat ini ada pertemuan Pak Jokowi dan JK di Istana Merdeka," ungkap anak dari Theo Syafei itu.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHindra Liauw

Terkini Lainnya


Close Ads X