Menantu Hendropriyono Resmi Jabat Komandan Paspampres - Kompas.com

Menantu Hendropriyono Resmi Jabat Komandan Paspampres

Kompas.com - 22/10/2014, 09:11 WIB
kompas.com/dani prabowo Mayjen TNI Doni Monardo menyerahkan Pataka Paspampres 'Setia Waspada' kepada Inspektur Upacara, Jenderal TNI Moeldoko, Rabu (22/10/2014). Penyerahan lambang kesatuan itu sekaligus menjadi tanda serah terima jabatan Doni kepada Mayjen TNI Andika Perkasa. Andika resmi menjabat sebagai Danpaspampres yang baru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mayjen TNI Andika Perkasa resmi menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) setelah dilantik oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko di Markas Komando Paspampres, Jakarta, Rabu (22/10/2014). Andika menggantikan Mayjen TNI Doni Monardo.

Pengangkatan Andika sebagai Danpaspanpres ini merupakan permintaan dari Presiden Joko Widodo. Prosesi serah terima jabatan diawali dengan penyerahan lambang kesatuan (Pataka) Paspampres 'Setya Waspada' dari Doni kepada Moeldoko yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kemudian, Pataka tersebut diserahkan kembali kepada Andika selaku Danpaspampres baru.

Di sela-sela penyerahan itu, juga disematkan tanda jabatan Danpaspampres oleh Moeldoko kepada Andika. Setelah itu, dilanjutkan pembacaan surat keputusan Panglima TNI perihal pengangkatan Andika sebagai Danpaspampres.

Surat keputusan nomor KEP/760/X/2014 itu dikeluarkan pada 14 Oktober 2014. Andika Perkasa adalah lulusan Akmil 1987. Lulus dari Akmil, ia lebih banyak ditugaskan di jajaran Kopassus. Dia juga pernah bertugas di Kodiklat TNI AD dan Sekretaris Pribadi Kasum TNI.

Lulusan Universitas Harvard itu pernah bertugas sebagai Komandan Rindam Jaya hingga Danrem 023/Kawal Samudera, Sibolga, Sumatera Utara. Karier Andika melejit hingga akhirnya menjadi Kadispen TNI AD.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorInggried Dwi Wedhaswary

Terkini Lainnya


Close Ads X