Siapa Almarhum Harun Al Rasyid Zain yang Ditakziahi Jusuf Kalla? - Kompas.com

Siapa Almarhum Harun Al Rasyid Zain yang Ditakziahi Jusuf Kalla?

Kompas.com - 19/10/2014, 13:21 WIB
FATHUR ROCHMAN Wakil presiden terpilih, Jusuf Kalla (kiri), usai mendatangi kediaman Almarhum Mantan Gubernur Sumatera Barat periode 1967-1977, Harun Al Rasyid Zain, di rumah duka, Jalan Galuh No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Pusat, Minggu. (19/10/2014).
JAKARTA, KOMPAS.com — Seusai geladi bersih pelantikan di Kompleks Parlemen, Minggu (19/10/2014), wakil presiden terpilih Jusuf Kalla langsung bertakziah ke kediaman almarhum Harun Al Rasyid Zain di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Siapakah almarhum ini?

Harun Al Rasyid Zain adalah Gubernur Sumatera Barat periode 1967-1977. Kalla mengenang Harun sebagai tokoh yang mempunyai sikap kepemimpinan tinggi sekaligus tokoh yang telah dengan sangat baik membangun Sumatera Barat.

"Dia memiliki leadership yang baik dan intelektual sekaligus," ujar Kalla seusai melayat di rumah duka, Jalan Galuh No 16, Kebayoran Baru, Minggu. Menurut Kalla, Harun merupakan gubernur yang dapat membangkitkan semangat rakyat Sumatera Barat.

Kehadiran Harun mempunyai peran penting, kata Kalla, pasca-pertentangan pemerintahan daerah dan pemerintahan pusat, pertentangan yang kemudian dikenal dengan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), pada 1958.

Harun, lanjut Kalla, juga dianggap sebagai tokoh yang membangun fondasi dalam pembangunan Sumatera Barat pada periode 1967-1977. "Itu yang membuat dia punya jejak kepahlawanan yang baik," ujar Kalla.

Harun tutup usia pada Minggu dini hari, dalam usia 87 tahun karena faktor usia. Rencananya jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Selain pernah menjabat sebagai gubernur, Harun juga pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada era Presiden Soeharto, untuk periode 1978 hingga 1983. Dia pernah pula menjadi Rektor Universitas Andalas.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorPalupi Annisa Auliani

Close Ads X