Kompas.com - 18/10/2014, 08:29 WIB
Penulis Ihsanuddin
|
EditorEgidius Patnistik
JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie mengapresiasi pertemuan yang dilakukan presiden terpilih Joko Widodo dengan pesaingnya dalam Pemilu Presiden 2014 lalu, Prabowo Subianto.

Pertemuan tersebut, kata Habibie, menandakan bahwa keduanya sama-sama ingin membangun Indonesia yang lebih baik ke depan. "Saya yakin memang tecermin (dalam pertemuan tersebut), seperti yang saya katakan tadi, Jokowi dan Prabowo itu punya 'akar' yang sama," kata Habibie dalam wawancara khusus dengan Kompas TV, di kediamannya, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Jumat (17/10/2014).

Hanya, lanjut Habibie, Jokowi dan Prabowo memiliki cara dan gayanya masing-masing untuk membangun Indonesia. Perbedaan tersebutlah yang menurut dia sempat menimbulkan gesekan-gesekan saat pilpres.

Namun, dengan pertemuan empat mata keduanya, Habibie menilai tak ada lagi hal yang perlu dikhawatirkan. "Saya rasa saya tidak begitu prihatin karena saya yakin di pihak mana pun akarnya memperjuangkan kepentingan Indonesia. (Koalisi) Merah Putih dan Indonesia Hebat akarnya sama, memperjuangkan Pancasila," kata Habibie.

Dia berharap Jokowi dapat bekerja sebaik-baiknya sebagai presiden.

Adapun Prabowo, kata dia, juga bisa turut membangun Indonesia dengan memimpin Partai Gerindra sebagai oposisi yang obyektif di parlemen. "Semoga bangsa ini terus maju. Tidak hanya ada pertumbuhan, tapi juga pemerataan," ucap Habibie.

Wawancara lengkap Kompas TV dengan Habibie akan ditayangkan pada hari pelantikan Jokowi-JK, tanggal 20 Oktober 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.