Gagal Raih Pimpinan DPR, Jokowi Kumpulkan Ketum dan Sekjen Partai Koalisi

Kompas.com - 03/10/2014, 18:02 WIB
indra/Kompas.com Para pimpinan parpol saat Deklarasi koalisi jokowi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kegagalan partai koalisi Joko Widodo-Jusuf Kalla meraih kursi pimpinan DPR langsung dibahas secara serius. Siang ini, Jokowi bersama seluruh ketua umum, sekretaris jendral, dan pimpinan fraksi di DPR/MPR berkumpul untuk melakukan evaluasi dan membangun strategi kedepan.

Menurut Sekjen PDI-P Tjahjo Kumolo, pertemuan dilakukan pukul 14.00 WIB - 17.00 WIB di sebuah lokasi di Jakarta. Namun dia enggan menyebutkan hasil pertemuan tersebut.

"Pak Jokowi sudah bertemu dengan seluruh ketua umum partai koalisi, pimpinan fraksi di DPR dan MPR, Sekjen partai," kata Tjahjo.

Hal tersebut disampaikan Tjahjo sebelum mengikuti pengarahan tertutup yang diberikan Megawati kepada seluruh anggota fraksi PDI-P di Kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/10/2014) sore. Menurut Tjahjo, pengarahan ini adalah langkah lanjutan yang juga dilakukan untuk membahas kegagalan meraih kursi pimpinan kemarin.


"Ini rapat internal, tertutup, pengarahan Megawati kepada fraksi di DPR terkait dengan hasil paripurna (penetapan pimpinan DPR)," ujar Tjahjo.

Dalam sidang paripurna kemarin, koalisi merah putih berhasil mendapatkan empat kursi pimpinan DPR, yakni Setya Novanto (Golkar) sebagai Ketua DPR dan tiga Wakil Ketua DPR, yakni Fahri Hamzah (PKS), Taufik Kurniawan (PAN), dan Fadli Zon (Gerindra). Fraksi Partai Demokrat mendapat satu kursi wakil ketua (Agus Hermanto) setelah mendukung paket pimpinan DPR yang diajukan koalisi merah putih.

Koalisi Jokowi-JK hanya terdiri dari empat partai dan gagal melobi partai lain hingga akhirnya gagal pula mengusung paket calon pimpinan. Paket calon pimpinan harus mencakup lima orang dari lima fraksi yang berbeda.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorFidel Ali Permana
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X