Hashim: Ketua DPR Milik Golkar, Ketua MPR untuk Demokrat

Kompas.com - 01/10/2014, 14:18 WIB
Ilustrasi DPR TRIBUNNEWS/DANY PERMANA Ilustrasi DPR
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengatakan, pembagian kursi pimpinan di parlemen telah disepakati di antara anggota Koalisi Merah Putih. Posisi ketua DPR, kata dia, menjadi milik Partai Golkar.

"Saya dengar dari kesepakatan Koalisi Merah Putih memang dari Golkar (ketua DPR)," kata Hashim, di Kompleks Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Meski demikian, Hashim belum dapat memastikan calon ketua DPR yang akan diusung oleh Partai Golkar. Golkar mendapat posisi tersebut karena perolehan suara pada Pemilu Legislatif 2014 paling besar di dalam Koalisi Merah Putih.

"Terserah pimpinan Golkar siapa yang akan diajukan," ujarnya.

Hashim menambahkan, Partai Gerindra kemungkinan besar akan mengusung Fadli Zon sebagai calon wakil ketua DPR. Fadli saat ini menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra.

Untuk posisi ketua MPR, kata Hashim, perkembangan terakhir akan diberikan kepada Partai Demokrat. Kesepakatan itu, kata dia, ditetapkan dalam pertemuan Koalisi Merah Putih pada Selasa (30/1/2014) malam.

"Sampai saat ini masih disepakati (ketua MPR) dari Demokrat. Ini kan sikap kami sesuai dengan sikap tadi malam. Itu perkembangan terakhir," pungkas adik Prabowo Subianto itu.

Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak semua permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang diajukan PDI Perjuangan. Dengan demikian, PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu Legislatif 2014 tidak otomatis mendapatkan posisi ketua DPR periode 2014-2019. (Baca: Putusan MK: PDI-P Tidak Otomatis Dapat Kursi Ketua DPR 2014-2019)

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X