Kompas.com - 15/09/2014, 21:53 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com – Kapolri Jenderal Pol Sutarman mengatakan, Polri telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Turki di Jakarta dalam memeriksa empat warga negara asing terduga teroris yang ditangkap di Poso, Sulawesi Tengah. Menurut Sutarman, Polri memerlukan bantuan ahli Bahasa Turki untuk menerjemahkan pernyataan yang diberikan keempat orang itu saat pemeriksaan.

“Sudah koordinasi dengan Kedubes Turki, sudah menginformasikan karena kita minta bantuan penerjemah bahasa,” kata Sutarman di Kompleks Parlemen, Senin (15/9/2014).

Ia menjelaskan, dari paspor yang dibawa, mereka diduga berasal dari Turki. Sementara itu, meski telah mendatangkan penerjemah bahasa, menurut Sutarman, kepolisian masih mengalami kendala dalam melakukan pemeriksaan. Pasalnya, penerjemah yang dihadirkan Kedubes Turki kurang menguasai bahasa yang digunakan para terduga teroris itu.

Sutarman menambahkan, berdasarkan aksen bahasa yang digunakan, keempat orang itu diduga berasal dari suku Uighur. Suku ini merupakan suku yang berdiam di kawasan perbatasan antara Turki dan Tiongkok.

“Ternyata ahli bahasa yang kami datangkan enggak connect juga. (Dia) hanya menguasai 60 persen, tapi bahasanya Uighur, yang jelas terkoneksi (dengan Bahasa Turki),” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.