Pansel: Busyro Kembali Mendaftar Jadi Pimpinan KPK

Kompas.com - 01/09/2014, 13:48 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas KOMPAS/LUCKY PRANSISKAWakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Busyro Muqoddas
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
- Ketua panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Amir Syamsuddin mengatakan, Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas telah mendaftarkan dirinya menjadi calon pimpinan KPK. Busyro akan mengakhiri masa tugasnya pada Desember 2014.

"Pak Busyro juga sudah mendaftar hari ini. Saya tadi acara dengan Pak Wapres, saya dapat kabar," ujar Amir saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/9/2014).

Amir menyambut baik keputusan Busyro yang kembali mendaftar menjadi calon pimpinan KPK. Menurut Amir, pengalaman dan rekam jejak sebagai pimpinan KPK menjadi modal bagi Busyro untuk menghadapi seleksi tim Pansel.

"Saya kira positif saja. Saya kira bagi dia menjadi pengalaman dan track record-nya jadi modal yang besar buat dia untuk maju," kata Amir.

Amir enggan menilai peluang Busyro untuk kembali menjadi pimpinan KPK. Menurut Amir, semua peserta memiliki peluang, tergantung pada proses seleksi.

"Saya kira semua yang daftar punya peluang. Tapi kan melalui tahapan awal seleksi administrasi, selanjutnya kompetensi, kesehatan, rekam jejak, masih sedang berjalan," ujar Menteri Hukum dan HAM itu.

Sebelumnya, Busyro mengaku belum mengambil keputusan apakah dirinya akan kembali mencalonkan diri sebagai pimpinan KPK atau tidak. Jika tidak mendaftarkan diri lagi menjadi calon pimpinan KPK, kata Busyro, ia ingin kembali ke kampus dan melanjutkan kariernya sebagai dosen.

KPK berpendapat tak perlu ada seleksi capim KPK untuk mengisi posisi wakil ketua setelah masa tugas Busyro habis pada Desember 2014. KPK merasa bisa bekerja meski hanya empat pimpinan.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X