Kompas.com - 25/07/2014, 15:08 WIB
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan memanggil Ketua Tim Advokasi Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Eggi Sudjana, terkait laporan pembakaran surat suara di Cilincing, Jakarta Utara. Pasalnya, Bawaslu tidak menerima laporan dari Bawaslu Provinsi atau Panitia Pengawas di tingkat bawah mengenai informasi tersebut.

"Kami sedang mengumpulkan bukti-bukti apa betul ada laporan pembakaran surat suara yang disampaikan Eggi. Kami merencanakan memanggil Pak Eggi untuk memberikan keterangan," ujar Anggota Bawaslu Nelson Simanjutak di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (25/7/2014).

Nelson mengatakan, pernyataan kubu Prabowo-Hatta merupakan tuduhan serius yang perlu diusut. Apalagi tidak ada laporan dari pengawas. (baca: Tim Prabowo-Hatta Laporkan 265 Kotak Suara yang Masih Tersegel)

"Saya kira agak aneh juga kalau tiba-tiba dia (Eggi) ngomong seperti itu. Apalagi itu di Jakarta," imbuh Nelson.

Ketika proses pemilu dilakukan sampai tingkat nasional, tambah dia, tidak pernah ada laporan dari kedua kandidat soal adanya pemungutan suara yang bermasalah. Setelah 9 Juli berlalu, kedua kandidat malah sibuk dengan klaim hasil hitung cepat.

"Agak heran juga kalau kemudian ada laporan banyak pelanggaran terstruktur, masif, dan sistematis yang muncul setelah diketahui hasil yang tidak sesuai harapan mereka," kata Nelson.

Meski begitu, ia menambahkan, pihaknya akan mengecek ke lapangan untuk memastikan benar atau tidaknya informasi itu. Nelson juga mempersilakan pihak-pihak yang tidak puas terhadap penetapan pilpres untuk menggugat. Namun, Nelson meminta agar mereka tidak membuat pernyataan-pernyataan yang mendelegitimasi hasil pemilu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.