Ketua DPR Sebut Masyarakat Lebih Paham Nilai Demokrasi daripada Elite Parpol

Kompas.com - 23/07/2014, 18:52 WIB
Marzuki Alie KOMPAS.com/Indra AkuntonoMarzuki Alie
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Marzuki Alie menilai, masyarakat lebih paham nilai demokrasi dibandingkan elite partai politik, terutama setelah pelaksanaan Pemilu Presiden 2014.

"Walau kelihatan agak keras, tapi masyarakat lebih paham nilai demokrasi. Terkadang, ini tidak diikuti elite parpolnya yang tidak siap menang, tidak siap kalah," kata Marzuki di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta (23/7/2014).

Marzuki mengatakan, siapa pun presiden yang terpilih adalah pimpinan seluruh rakyat Indonesia. Yang terpenting saat ini, kata Marzuki, adalah mengawal pemerintahan lima tahun ke depan agar membawa Indonesia ke jalan yang lebih baik.

"Kita boleh beda sikap, beda pilihan. Itulah demokrasi. Namun, jika sudah terpilih, harus kembali bersatu," katanya.

Selain itu, politisi Partai Demokrat ini bersyukur Pilpres 2014 dapat berjalan aman dan damai tanpa ada konflik horizontal. Ia berpesan kepada pasangan dan tim yang menang untuk tidak merayakan kemenangan dengan berlebihan.

"Karena hanya ada dua calon, jumlah yang menang dan kalah hampir sama. Yang menang harus memahami perasaan yang kalah. Yang kalah pun harus memahami situasi dengan baik," katanya. DPR, lanjut dia, akan terus menjadi penyeimbang untuk mengawal pemerintahan yang berjalan nantinya.

Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X