Bupati Karawang Ditangkap Setelah Safari Ramadhan

Kompas.com - 18/07/2014, 20:41 WIB
Bupati Karawang, H. Ade Swara, saat melakukan Pencoblosan pada Pemilu Legislatif 2014 di Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan. dok.karawangkab.go.idBupati Karawang, H. Ade Swara, saat melakukan Pencoblosan pada Pemilu Legislatif 2014 di Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan.
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Karawang Ade Swara pada Jumat (18/7/2014) dini hari. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menjelaskan, penangkapan baru dilakukan pada dini hari karena menunggu kegiatan Ade Swara selesai.

"ASW memang ada beberapa acara, kemudian safari Ramadhan. Di ujung acara itu (safari Ramadhan) kami jemput," kata Bambang, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat.

Bambang mengatakan, proses penangkapan berlangsung lancar. Tidak ada perlawanan dari Ade saat penangkapan tersebut.

"Tidak ada perlawanan yang menyebabkan kesulitan," kata Bambang.

Sebelumnya diberitakan, Ade yang telah diburu tim KPK sejak Kamis (17/7/2014) sore akhirnya ditangkap di rumah dinasnya pada Jumat dini hari tadi kira-kira pukul 02.00 WIB. Sebelum Ade, KPK mengamankan tujuh orang. Ade kemudian langsung dibawa tim KPK ke Jakarta untuk dimintai keterangan.

Setelah menjalani pemeriksaan intensif di KPK, Ade dan istrinya, Nurlatifah (NLF), ditetapkan sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap PT Tatar Kertabumi.

Ketua KPK Abraham Samad menjelaskan, keduanya melakukan pemerasan kepada PT Tatar Kertabumi yang ingin meminta izin untuk pembangunan mal di Karawang. Keduanya disangka melanggar Pasal 12 e atau Pasal 23 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 421 jo Pasal 55 KUHP.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X