Diduga karena Noken, Prabowo-Hatta Tak Dapat Suara di Puluhan TPS Papua Barat

Kompas.com - 15/07/2014, 19:43 WIB
Laman scan C1 di situs www.kpu.go.id www.kpu.go.idLaman scan C1 di situs www.kpu.go.id
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa tak mendapatkan satu suara pun di puluhan tempat pemungutan suara (TPS) di Provinsi Papua Barat. Hal itu tampak dari hasil scan atau pindaian formulir C1 yang diunggah di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU), pilpres2014.kpu.go.id.

Dari penelusuran Kompas.com, setidaknya 30 TPS yang dimenangkan telak oleh pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, di antaranya di TPS-TPS di Kota Sorong dan Manokwari. Di Sorong, misalnya, di Kecamatan Makbon, Klaso, Klayili, Klawak, Klabot, Segun, dan Sayosa. Sementara itu, di Manokwari terjadi di Kecamatan Ransiki, Neney, dan Waren.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, banyaknya TPS yang didominasi oleh satu pasangan calon disebabkan sistem noken yang masih diberlakukan di beberapa daerah. Dengan sistem itu, kepala suku mewakili pilihan warga kampung atau sukunya dalam proses pemilu.

"Jadi, siapa kepala suku, dia yang atur. sudah (dukung calon) ini saja, (calon) situ kasih satu (suara) saja. Atau sini habiskan, situ tidak usah dikasih. Faktor yang paling mungkin itu (sistem noken)," kata Hadar.

Sebelumnya, kejanggalan-kejanggalan pada penulisan angka perolehan suara di formulir C1 terdeteksi di sejumlah TPS. Pasangan Jokowi-JK tak mendapatkan satu suara pun di sejumlah TPS di Sampang, Jawa Timur.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X