Hitung Cepat LSI: Jokowi-JK 53,37 Persen, Prabowo-Hatta 46,63 Persen

Kompas.com - 09/07/2014, 17:14 WIB
Dua peneliti Lingkaran Survei Indonesia Ade Mulyana (kiri) dan Ardian Sopa memaparkan hasil hitung cepat di Kantor LSI, Jakarta, Rabu (9/7/2014). Berdasarkan hitung cepat itu, Jokowi-JK mendapat 53,37 persen dan Prabowo Hatta mendapat 46,63 persen. KOMPAS.COM/RAHMAT FIANSYAHDua peneliti Lingkaran Survei Indonesia Ade Mulyana (kiri) dan Ardian Sopa memaparkan hasil hitung cepat di Kantor LSI, Jakarta, Rabu (9/7/2014). Berdasarkan hitung cepat itu, Jokowi-JK mendapat 53,37 persen dan Prabowo Hatta mendapat 46,63 persen.
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil akhir hitung cepat (quick count) pasca-pemungutan suara Pemilu Presiden 9 Juli 2014. Hasil hitung cepat itu menunjukkan, pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla unggul atas Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa. Hal tersebut disampaikan oleh peneliti LSI, Ade Mulyana, di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Jakarta, Rabu (9/7/2014).

"Pasangan Jokowi-JK unggul dengan 53,37 persen atas Prabowo-Hatta yang mendapat 46,43 persen," kata dia.

Peneliti lainnya, Ardian Sopa, mengatakan, hitung cepat tersebut memiliki tingkat kesalahan plus minus 1 persen. Dengan kata lain, kata Ardian, hasil suara dalam hitung cepat tidak akan jauh berbeda dengan hasil Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"LSI adalah lembaga yang paling banyak melakukan quick count dan tidak pernah salah sebelumnya," katanya.

Berdasarkan hitung cepat tersebut, selisih antara kedua pasangan calon sebesar 6,74 persen. Ardian menambahkan, tingkat partisipasi pemilih sekitar 72,19 persen.

Hasil ini berdasarkan data sementara dan bukan hasil resmi. Hasil resmi pilpres akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum pada 22 Juli 2014. LSI menggunakan sampel sebanyak 2.000 TPS dengan margin of error sekitar 1 persen. Hitung cepat tersebut berdasarkan data sampel yang sudah masuk sebesar 98,05 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X