Klaim Menang, Prabowo Minta Rakyat Kawal Penghitungan Suara - Kompas.com

Klaim Menang, Prabowo Minta Rakyat Kawal Penghitungan Suara

Kompas.com - 09/07/2014, 15:58 WIB
KRISTIANTO PURNOMO Calon presiden Prabowo Subianto menunjukkan surat suaranya saat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Presiden 2014 di tempat pemungutan suara (TPS) 02 Bojong Koneng, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/7/2014). Pemilu Presiden 2014 dilakukan serentak di seluruh Indonesia hari ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon presiden Prabowo Subianto mengatakan, berdasarkan informasi yang diperoleh timnya dari sejumlah lembaga survei, ia bersama pasangannya, Hatta Rajasa, mendapatkan mandat dari rakyat Indonesia dalam Pemilu Presiden 2014. Ia meminta semua anggota pendukung Koalisi Merah Putih dan rakyat Indonesia mengawal kemenangan Prabowo-Hatta.

"Kami meminta semua anggota pendukung Koalisi Merah Putih dan seluruh rakyat Indonesia mengawal kemenangan ini sampai penghitungan resmi selesai dari petugas-petugas KPU," kata Prabowo dalam jumpa pers di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Rabu (9/7/2014).

Sebelumnya, Prabowo mengumumkan pihaknya telah memenangi pemilu presiden kali ini. Ia menyebut dirinya dan pasangan calon wakil presiden Hatta Rajasa telah menang dalam versi quick count atau hitung cepat.

"Saudara-saudara sekalian, sebangsa setanah air, teman-teman media, kami dari Koalisi Merah Putih memantau dan mengumpulkan keterangan yang masuk dari quick count berbagai lembaga survei, dan dari lembaga survei yang kami gunakan sebagai acuan. Kita bersyukur bahwa dari semua keterangan yang masuk menunjukan bahwa kami, pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta, mendapat dukungan dan mandat dari rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Tim pemenangan Prabowo menggunakan tiga lembaga survei, yakni Lembaga Survei Nasional (LSN), Jaringan Survei Indonesia (JSI), dan Puskaptis. Dari hasil tiga lembaga tersebut, Prabowo rata-rata unggul dengan raihan suara 51 persen atas capres Joko Widodo, yang meraih suara 48 persen, dengan data yang masuk di atas 80 persen.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorInggried Dwi Wedhaswary

Close Ads X