Jokowi-JK Unggul Tipis Versi "Exit Poll" LSI

Kompas.com - 09/07/2014, 15:25 WIB
Peneliti Lingkaran Survei Indonesia memaparkan hasil exit poll pemungutan suara Pemilu Presiden 2014, Rabu (9/7/2014). KOMPAS.com/RAHMAT FIANSYAHPeneliti Lingkaran Survei Indonesia memaparkan hasil exit poll pemungutan suara Pemilu Presiden 2014, Rabu (9/7/2014).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil penghitungan exit poll Pemilu Presiden 2014 yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menempatkan pasangan nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla, unggul tipis dari pasangan nomor urut satu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Peneliti LSI Rully Akbar mengatakan, dukungan untuk Jokowi-JK sebesar 38,58 persen dan Prabowo-Hatta 35,98 persen. Sementara itu, sebanyak 25,44 persen pemilih yang ditanya merahasiakan pilihannya.

"Kalau yang rahasia dan tidak menjawab ini diproporsikan atau dihapus, maka pasangan Jokowi-JK memperoleh dukungan 51,74 persen dan Prabowo-Hatta mendapat 48,25 persen," kata Rully, di Kantor LSI, Jalan Pemuda, Jakarta, Rabu (9/7/2014).

Rully mengatakan, berdasarkan hasil ini, selisih suara antara kedua pasangan calon diprediksi sebesar 3,49 persen.

Exit poll merupakan salah satu metode ilmiah selain hitung cepat atau quick count untuk memprediksi perolehan suara pasangan capres dan cawapres. Pemilih ditanya oleh pewawancara setelah keluar dari bilik suara.

Pengambilan sampel dilakukan pada saat pencoblosan dengan total responden sebanyak 8.000 orang. Responden dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling. Sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 2.000 TPS yang tersebar di 33 provinsi. Setiap TPS diwawancarai sebanyak empat orang secara interval. Tingkat kesalahan plus minus 1 persen.

Hasil ini bukan hasil resmi yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X