"Dukungan Warga Muhammadiyah Tepis Anggapan Kubu Jokowi-JK Sekuler"

Kompas.com - 02/07/2014, 16:52 WIB
Calon presiden nomor urut 2, Joko Widodo (Jokowi) berorasi di depan warga yang memenuhi  jalan dan halaman Pasar Induk Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (19/6/2014). Dalam orasinya Jokowi mengatakan kegembiraannya karena disambut ribuan warga. KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMOCalon presiden nomor urut 2, Joko Widodo (Jokowi) berorasi di depan warga yang memenuhi jalan dan halaman Pasar Induk Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (19/6/2014). Dalam orasinya Jokowi mengatakan kegembiraannya karena disambut ribuan warga.
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com
— Peneliti politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ikrar Nusa Bakti mengatakan, dukungan Relawan Matahari Indonesia (RMI) yang merupakan eksponen dari ormas Muhammadiyah kepada pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla mematahkan tuduhan bahwa kubu pasangan nomor urut dua itu diisi orang-orang sekuler.

"Saya merasa lega karena terdapat dukungan dari Relawan Matahari Indonesia yang merupakan bagian dari warga Muhammadiyah. Hal itu menepis anggapan orang-orang yang mengidentikkan kubu Jokowi-JK dengan kelompok sekuler, merah, lambang palu arit, dan sebagainya," ujar Ikrar di Menteng, Jakarta, Rabu (2/7/2014), seperti dikutip Tribunnews.com.

Ikrar mengatakan, dengan adanya dukungan eksponen Muhammadiyah menandakan bahwa dukungan warga Islam kepada Jokowi-JK merupakan warga Islam yang penuh toleransi.

"Ini menandakan bahwa dukungan warga Islam di Jokowi-JK merupakan Islam yang penuh kesejukan. Anggapan yang selama ini menuduh kelompok Islam pada Jokowi-JK merupakan Islam yang lain dapat terhenti," ujar Ikrar.

Sebelumnya, Koordinator RMI Izzul Muslimin mengatakan tidak benar apabila warga Muhammadiyah tidak menerima pasangan Jokowi-JK. Pihaknya meyakini Jokowi-JK akan memenangkan suara warga Muhammadiyah.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X