Banyak Kekerasan, Prabowo Sebut Perlunya Penyaluran Bakat

Kompas.com - 28/06/2014, 22:26 WIB
Calon Presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto memberikan jawaban dalam debat capres 2014 putaran ketiga, di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6/2014). Debat capres kali ini mengangkat tema 'Politik Internasional dan Ketahanan Nasional'. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESCalon Presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto memberikan jawaban dalam debat capres 2014 putaran ketiga, di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6/2014). Debat capres kali ini mengangkat tema 'Politik Internasional dan Ketahanan Nasional'.
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com - Calon presiden Prabowo Subianto menyatakan dalam budaya Indonesia, kekerasan mudah muncul. Untuk mengatasinya, pemerintah perlu membuka ruang keadilan dan kesempatan bagi anak muda untuk menyalurkan bakatnya.

"Kita juga harus sadar bahwa dalam budaya kita kekerasan mudah muncul. Pertandingan bola antar kota saja bisa menimbulkan huru hara," kata Prabowo saat Dialog Kebudayaan, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (28/6/2014).

Ia mengambil contoh perselisihan antara pendukung Persija (The Jak) dan Persib (Bobotoh). Ia menyayangkan hal tersebut, karena keduanya bersaudara. Ia pun tidak membedakan antara Bandung dan Jakarta, karena perjalanan dengan mobil hanya memakan waktu tempuh 3 jam. Tetapi, jika sudah berkenaan dengan bola, ada saja hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Belum lagi, perselisahan antar kampung. Menurut Prabowo, hal ini harus disadari memang terjadi di negeri ini. Solusinya, adalah dengan berpikir bagaimana mengendalikan rasa intoleransi, kebencian, dan rasa iri.


Hal tersebut dapat terwujud dengan menciptakan keadilan dan membuka kesempatan bagi anak muda untuk mengembangkan bakatnya.

"Menurut saya kembali berpikir praktis kalau suasana itu adil berkecukupan, kalau potensi bagi anak-anak muda terbuka luas, saya kira suasana bersaudara tadi lebih gampang," kata Prabowo.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X