Tim Media Sosial Jokowi-JK Lebih Sporadis - Kompas.com

Tim Media Sosial Jokowi-JK Lebih Sporadis

Kompas.com - 21/06/2014, 10:40 WIB
YouTube Jokowi-JK Presiden Kita, Owl City - Good Time [PARODY]

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan pasangan calon presiden Jokowi-Jusuf Kalla, Kartika Djoemadi, mengatakan, timnya tidak memiliki tim khusus untuk menangani media sosial. Namun, dukungan media sosial untuk pasangan calon nomor urut dua ini berbasis relawan dan bersifat sporadis.

"Kita berbeda dari tim medsos Prabowo-Hatta yang terstruktur. Karena gerakan di medsos kita berbasis relawan maka lebih sporadis sesuai dengan titik relawan yang ada," ujar Kartika Djoemadi dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (21/6/2014).

Saat ini, jelas Kartika, ada tiga kelompok besar relawan berdasarkan dukungan mereka di media sosial. Pertama, kelompok sportif yang cenderung mengemukakan prestasi dan hal positif dari kedua sosok capres dan cawapres.

Kedua, kelompok defensif yang suka beradu argumen. Kelompok ini kerap memanfaatkan berbagai forum di media sosial untuk berdebat dalam waktu lama.

"Ini mereka yang suka berdebat berjam-jam di berbagai forum seperti kaskus," katanya.

Kelompok ketiga merupakan kelompok ofensif yang cenderung melakukan kampanye negatif. Mereka adalah relawan yang memilih menyerang rival dengan fakta negatif.

"Mereka kumpulkan sendiri informasi negatif kemudian mengelaborasi sendiri," lanjut Kartika.

Untuk mensinergikan isu yang dibawa relawan, tim pemenangan, lanjutnya, kemudian berinisiatif mengumpulkan perwakilan relawan untuk melakukan manajemen isu.

"Biasanya sekali seminggu atau dua hari sekali mereka dikumpulkan untuk briefing isu berdasarkan informasi di media mainstream," pungkasnya.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAna Shofiana Syatiri
Close Ads X