Survei Populi: Jokowi-JK Masih Unggul dari Prabowo-Hatta - Kompas.com

Survei Populi: Jokowi-JK Masih Unggul dari Prabowo-Hatta

Kompas.com - 04/06/2014, 14:27 WIB
KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Hatta Rajasa dan Joko Widodo - Jusuf Kalla saat Deklarasi Pemilu Berintegritas dan Damai di Jakarta, Selasa (3/6/2014). Acara yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum tersebut menandai dimulainya masa kampanye Pilpres dari 4 Juni sampai 5 Juli.


JAKARTA, KOMPAS.com
- Survei terbaru Populi Center menunjukkan elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2, Joko Widodo dan Jusuf Kalla, masih unggul dibandingkan pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Pasangan Jokowi-JK mendapatkan elektabilitas 47,5 persen, sementara Prabowo-Hatta mendapatkan 36,9 persen.

Responden yang belum menentukan pilihan sebanyak 14,4 persen, sementara responden yang memutuskan untuk tidak memilih alias golput sebesar 1,2 persen.

"Kedua pasangan ini masih memiliki peluang menang yang sama karena perbedaannya tidak terlalu jauh," kata Chairman Populi Center Nico Harjanto saat merilis hasil surveinya di Rarampa Resto, Jakarta, Rabu (4/6/2014).

Menurut Nico, hasil pilpres tergantung dari bagaimana kedua pasangan menggunakan masa waktu kampanye secara maksimal. Suara pemilih mengambang yang hampir mencapai 15 persen bisa menjadi rebutan kedua pihak.

"Kedua kubu harus melakukan kampanye yang efektif dalam batas waktu yang singkat ini. Mereka juga harus memanfaatkan debat antarcapres-cawapres dengan sebaik-baiknya. Lakukan kampanye yang menarik perhatian rakyat," ucapnya.

Survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka di 33 Provinsi mulai dari 24 sampai 29 Mei 2014. Survei menggunakan 1500 responden yang dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error kurang lebih 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisIhsanuddin
EditorSandro Gatra

Close Ads X