JK Pastikan PMI Siap Antisipasi Bencana di Jawa Tengah

Kompas.com - 04/05/2014, 15:26 WIB
Ketua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla Kompas.com/Nazar NurdinKetua Umum PMI Pusat, Jusuf Kalla
|
EditorTri Wahono

SEMARANG, KOMPAS.com– Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla mengaku sudah menyiapkan langkah strategis terkait antisipasi dampak bencana di Jawa Tengah. Langkah itu dimulai dengan menggelar kesiapan dari berbagai instansi. 

Seperti diketahui, Gunung Slamet yang mencakup wilayah Purwokerto, Banyumas, Pemalang, dan Tegal itu dinaikkan statusnya menjadi Siaga. Begitu pula dengan Gunung Merapi yang bisa merambah ke Magelang dan Boyolali dan beberapa daerah lainnya saat ini berstatus Waspada.

“Soal bencana, pertama bersama-sama kita dengan Gubernur, TNI, Polri, BNPB kita sudah menyatakan siap. Kita tidak menginginkan adanya bencana, tapi jika diperlukan kita siap,” kata JK saat berbicara kepada wartawan di Semarang, Sabtu (3/5/2014) kemarin.

Menurut JK, antisipasi bencana bisa dilakukan sejak awal. Salah satunya dengan menyediakan seluruh peralatan laiknya tenda, makanan, dan lainnya.

“Tenda, tenaga, dan teknis yang berat-berat semua sudah sudah kami siapkan,” bebernya.

Dengan dasar itulah, Dia yakin bencana yang ada di Indonesia terutama di Jawa Tengah pasti bisa ditangani dengan baik. JK melalui PMI mengklaim mampu membantu mengantisipasi dampak bencana yang ada dengan cepat.

“Di daerah, semua tidak ada masalah yang berat, kita bisa amankan semua,” tukasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X