Amien Rais: Blunder Luar Biasa, Jokowi Temui Dubes AS

Kompas.com - 17/04/2014, 19:24 WIB
Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais dalam acara Kenduri PAN menjelang pelaksanaan pemilihan legislatif di kantor DPP PAN, Jumat (14/3/2014). Kompas.com/SABRINA ASRILKetua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais dalam acara Kenduri PAN menjelang pelaksanaan pemilihan legislatif di kantor DPP PAN, Jumat (14/3/2014).
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyesalkan sikap bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, yang bersama Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri, menemui sejumlah duta besar negara asing di Indonesia beberapa waktu lalu. Menurut Amien, sikap Jokowi itu adalah langkah diplomasi politik yang salah kaprah.

"Secara diplomatis itu blunder luar biasa," kata Amien di sela-sela pertemuan sejumlah tokoh, di Cikini, Jakarta, Kamis (17/4/2014) petang.

Amien mengatakan, posisi duta besar itu jauh di bawah presiden atau bakal calon presiden. Lebih tepat, kata dia, jika pihak duta besar yang mendatangi Jokowi, atau bakal capres lain, seperti Prabowo Subianto dan Aburizal Bakrie, bukan sebaliknya.

"Kalau seorang capres, atau mantan presiden sowan ke Dubes Amerika di rumah seorang pengusaha itu secara diplomatik sulit dipahami. Itu blunder, mudah-mudahan enggak terjadi lagi," kata Amien.


Seperti diberitakan sebelumnya, pada Senin (14/4/2014) malam, Jokowi ditemani Megawati hadir dalam acara makan malam bersama Duta Besar Amerika Serikat, Norwegia, dan beberapa negara Eropa Barat lainnya.

Jokowi mengakui, pertemuan itu dimanfaatkannya untuk belajar tata pergaulan internasional sekaligus menjajaki dukungan negara sahabat terkait pencalonannya sebagai presiden. Ia menampik jika pertemuan itu disebut membahas bakal calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X