Lagi-lagi Kontroversi di Akun Twitter Tifatul Sembiring...

Kompas.com - 09/04/2014, 04:32 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring saat meluncurkan buku biografinya "Sepanjang Jalan Dakwah" di Jakarta, Sabtu (7/4/2012). KOMPAS/LUCKY PRANSISKAMenteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring saat meluncurkan buku biografinya "Sepanjang Jalan Dakwah" di Jakarta, Sabtu (7/4/2012).
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Bukan kali pertama "kicauan" di laman Twitter milik Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengundang kontroversi. Kali ini, kontroversi kembali terjadi gara-gara data exit poll pemungutan suara Pemilu Legislatif 2014 di luar negeri.

Data berikut ini adalah awal dari kontroversi yang mencuat di akun Twitter Tifatul, @tifsembiring, Selasa (8/4/2014).

Twitter.com Data exit poll pemungutan suara Pemilu Legislatif 2014 di luar negeri yang pada Selasa (8/4/2014) mengundang kontroversi di akun Twitter Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.
Pemungutan suara di luar negeri memang berlangsung lebih awal daripada di dalam negeri. Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2013 tentang jadwal dan tahapan pemilu legislatif, pemungutan suara di luar negeri dijadwalkan pada 30 Maret 2014 sampai 6 April 2014. Sebagian pemilih menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara (TPS) khusus dan sebagian yang lain mengirimkan surat suara mereka lewat pos.

Fadjroel Rahman dengan akun @fadjroeL pun langsung mengkritik data tersebut. Menurut dia, tak elok seorang Menteri Komunikasi dan Informatika memuat informasi yang bukan data resmi, apalagi terkait hajatan sepenting pemilu. Dia pun menegaskan bahwa sudah ada aturan soal hitung cepat hasil pemilu, baik menggunakan metode exit poll maupun quick count.

"Ini MENTERI hilang akal sehat, harusnya netral," tulis Fadjroel mengawali kultwit berisi kritik atas isi akun Tifatul tersebut. Dia menekankan posisi Tifatul sebagai menteri, dengan pos yang sangat strategis, terlepas bahwa Tifatul juga adalah petinggi salah satu partai politik peserta Pemilu 2014, Partai Keadilan Sejahtera.

Pada poin nomor 5 di kultwit-nya, Fadjroel menulis, "Sorry pak @tifsembiring saya mengingatkan anda dengan 'keras' karena peraturan harus ditaati, apalagi anda juga menjabat Menkominfo. Tx."

Bukan pula Tifatul bila tak memberikan tanggapan dengan gaya khas. Dalam klarifikasi yang juga berbentuk kultwit, dia membantah mengunggah data itu. Yang terjadi, tutur dia, akun miliknya mendapat tempelan simbol "RT" alias retweet dari akun @rionuriman untuk data gambar yang berasal dari akun @hafidz_ary.

"Rupanya ini yg jadi pangkal masalahnya akun @rionuriman ini mencantumkan RT seolah sy twit exit poll LN dst...," tulis Tifatul mengawali klarifikasinya. Tak lupa, akun Fadjroel pun mendapatkan tembusan tweet ini.

Menurut Tifatul, tanggapan pertama atas retweet tersebut yang berbunyi "Alhamdulillah" dibuat oleh admin akunnya. "Terpancing kata2 hebatt.. dari @rionuriman langsung disambar admin dg kata2: Alhamdulillah...," tulis dia.

Tifatul pun menulis permintaan maaf sembari menyatakan tak berniat menyebar kabar bohong alias hoax. Namun, sepertinya, menyerempet bully sudah menjadi bagian akrab dari akun Tifatul. Kali ini dengan mencantumkan kata admin diapit tanda bintang, Rabu (9/4/2014) dini hari, akun Tifatul memajang gambar baru.

Twitter.com Rabu (9/4/2014) dini hari, akun Twitter milik Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring memasang gambar ini, setelah beberapa jam sebelumnya dia mendapat kritik tajam setelah di lini masanya terpampang data exit poll dari pemungutan suara Pemilu Legislatif 2014 di luar negeri.
Semoga unggahan ini bukan awal dari kontroversi yang lain lagi dari akun Tifatul Sembiring, apalagi ini hari-hari krusial pemilu. Sebelumnya, akun Tifatul juga baru saja menjadi bahan pembicaraan ketika ketahuan menjadi pengikut akun porno, akun yang berkali-kali dia katakan ingin dibasminya. Semoga.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X