Peneliti Muridan S Widjojo Meninggal

Kompas.com - 07/03/2014, 19:17 WIB
|
EditorHindra Liauw
JAKARTA, KOMPAS.com — Peneliti Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Muridan S Widjojo, meninggal dunia pada Jumat (7/3/2014) pukul 14.07.

"Betul beliau meninggal, kira-kira siang tadi," kata Kepala LIPI Lukman Hakim, saat dihubungi Kompas.com, Jumat.

 
Sementara Kepala Humas LIPI Nur Tri Aries Siestiningtyas mengatakan, Muridan meninggal akibat sakit.

Muridan dikenal sebagai ahli masalah politik dan sosial Papua dan Maluku. Ia meneliti masalah antropologi sosial dan politik Papua sejak tahun 1993.
 
Ia meraih gelar doktor di Universitas Leiden, Belanda, pada tahun 2010. Di Leiden, Muridan pun mendalami masalah Papua lewat manuskrip dari abad ke-18 dan 19 yang tersimpan di universitas itu.
 
Sejak tahun 2008, Muridan memimpin tim kajian Papua dan sejak 2010 menjadi koordinator Jaringan Damai Papua (JDP). Jaringan itu memfasilitasi dialog antara masyarakat Papua dan pemerintah.
 
Lukman mengatakan belum mengetahui penyebab Muridan meninggal. "Saat ini saya masih dalam perjalanan menuju rumah beliau," katanya.
 
Muridan lahir di Surabaya pada 4 April 1967. Saat ini, dia masih menjabat sebagai Kepala Bidang Perkembangan Politik Lokal di LIPI.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X