Besok, Rehabilitasi Bangunan Korban Erupsi Kelud Dimulai

Kompas.com - 23/02/2014, 18:27 WIB
Anggota TNI membersihkan jalan yang tertutup abu vulkanik letusan Gunung Kelud di Kediri, Sabtu (15/2/2014). Kompas.com/ Deytri AritonangAnggota TNI membersihkan jalan yang tertutup abu vulkanik letusan Gunung Kelud di Kediri, Sabtu (15/2/2014).
|
EditorWisnubrata

KEDIRI, KOMPAS.com — Perbaikan fasilitas fisik yang rusak akibat erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, akan mulai dilakukan Senin (24/2/2014) besok. Sedikitnya 2.500 personel TNI disiapkan untuk membantu perbaikan itu.

Insider Commander Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Kabupaten Kediri Letkol Heriyadi mengatakan, ribuan personel itu berasal dari berbagai kesatuan TNI yang ada di Kediri.

"Fokus rehabilitasi penanganan fisik ada di wilayah Kecamatan Kepung dan Kecamatan Puncu," kata Letkol Heriyadi pada Kompas.com seusai apel pasukan, Minggu (23/2/2014).

Komandan Kodim 0809 ini menambahkan, para prajurit akan membantu warga memperbaiki rumah maupun fasilitas umum yang rusak akibat material vulkanis, sedangkan bahan material yang akan digunakan, kata dia, berasal dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Tapi saat ini bantuannya belum datang. Kita menunggu material itu," imbuhnya.

Kedua kecamatan yang menjadi fokus garapan, kata Dandim, kebetulan menjadi wilayah yang mempunyai tingkat kerusakan paling tinggi. Di Kecamatan Puncu ada 4.244 unit rumah mengalami kerusakan berat serta 1.126 rumah mengalami rusak sedang. Sedangkan di Kecamatan Kepung, ada 4.130 unit rumah rusak parah dan 950 unit rumah rusak sedang. 

Heriyadi menargetkan penyelesaian rehabilitasi selama sepekan ke depan. Namun ia berharap tidak ada kendala seperti cuaca buruk, sehingga penyelesaian lebih cepat dari target semula.

Sebelumnya, erupsi gunung yang berketinggian 1.731 mdpl itu menyebabkan 19.136 rumah yang ada di wilayah Kabupaten Kediri mengalami rusak. Kerusakan tersebar di empat Kecamatan, yaitu Kecamatan Ngancar, Kecamatan Kepung, Kecamatan Puncu, serta Kecamatan Plosoklaten.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X