"Tidak Hanya Kelud, Respons Cepat SBY Harus di Setiap Bencana"

Kompas.com - 14/02/2014, 17:58 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat jumpa pers di Halim Perdanakusuma KOMPAS.COM/Sandro GatraPresiden Susilo Bambang Yudhoyono saat jumpa pers di Halim Perdanakusuma
|
EditorSandro Gatra


JAKARTA, KOMPAS.com -
Anggota Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono konsisten memberikan respons cepat pada semua bencana alam yang menimpa Indonesia. Menurut Ace, respons tersebut juga harus diimbangi langkah konkret dan tak berhenti hanya dengan mengobral janji belaka.

"Respons cepat harus ditunjukkan SBY di setiap bencana, tidak hanya (letusan) Gunung Kelud. Turun langsung ke daerah yang terkena bencana," kata Ace saat dihubungi, Jumat (14/2/2014).

Selanjutnya, politisi Partai Golkar tersebut juga meminta pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Sosial bertindak cepat menyiapkan posko pengungsian yang layak.

Selain itu, untuk mengurangi potensi timbulnya korban jiwa, pemerintah dianggapnya perlu juga segera menetapkan zona berbahaya yang dijaga petugas agar tak ada warga yang melintasi zona tersebut.

"Segera tetapkan zona dari radius yang berbahaya bagi warga di daerah sekeliling Gunung Kelud," pungkasnya.

Seperti diberitakan, Presiden SBY menyatakan, dalam waktu dua hari ini, pemerintah akan fokus melakukan kegiatan tanggap darurat di lokasi bencana letusan Gunung Kelud. Dalam tiga hingga empat hari ke depan, Presiden akan mengunjungi lokasi bencana. Hal itu disampaikan Presiden saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jumat.

Gunung Kelud meletus pada Kamis (13/2/2014) pukul 22.50 WIB. Letusan gunung ini mencapai ketinggian 17 kilometer. Hingga kini, dampak abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud dirasakan hingga Bandung. Sebanyak 7 bandara di Pulau Jawa ditutup.

Sebelumnya, pemerintah pusat dikritik berbagai pihak terkait penanganan bencana letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. Pemerintah dinilai lamban menangani.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X