Caleg PKS Jelaskan soal Biskuit Gratis Kemenkes di Pengungsian - Kompas.com

Caleg PKS Jelaskan soal Biskuit Gratis Kemenkes di Pengungsian

Kompas.com - 20/01/2014, 19:28 WIB
Akun twitter Wirianingsih.


JAKARTA, KOMPAS.com — Biskuit gratis milik Kementerian Kesehatan yang ditempeli stiker calon anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Wirianingsih, menjadi perbincangan di dunia maya, mulai dari microblogging, Twitter, sampai fokus Kaskus. Pasalnya, selain ditempeli atribut kampanye, biskuit itu juga disebarkan kepada para korban banjir.

Menanggapi hal itu, Wirianingsih pun angkat bicara. Anggota Komisi IX DPR ini mengaku tidak tahu-menahu dengan pemberian biskuit gratis itu. "Saya tidak tahu dan tidak menduga," ujar Wirianingsih saat dijumpai di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (20/1/2014).

Wirianingsih menjelaskan bahwa biskuit itu memang diberikan oleh Kementerian Kesehatan kepada anggota DPR sebagai program penyaluran ke daerah pemilihan. Biskuit itu, lanjutnya, seharusnya sudah habis pada bulan Desember 2013 sehingga dia pun tak mengira biskuit dari Kementerian Kesehatan itu bisa sampai ke para pengungsi korban banjir saat ini.

"Jadi, ini semacam program penyaluran saja, program di dapil. Tidak melanggar undang-undang," kata Wirianingsih, yang akrab disapa Wiwik.

Pada saat penyaluran itu, Wiwik pun mengaku tidak pernah menginstruksikan penggunaan atribut kampanye. "Saya berprasangka saja, kalau teman-teman di lapangan berniat baik," imbuhnya.

Lebih lanjut, Wiwik melihat kritik terhadapnya sebagai bagian dari proses pendewasaan dalam berdemokrasi. Dia menyadari masuk ke dunia politik memang akan banyak dinamika, baik upaya pemenangan maupun penjegalan.

"Buat saya ini pelajaran dan ke depan harus hati-hati. Saya meminta maaf kalau memang ada masyarakat yang merasa tidak nyaman. Saya tidak pernah berniat seperti itu (kampanye di lokasi pengungsian)," tutur Wiwik.

Sebelumnya, biskuit gratis yang dibagikan Wiwik ini ramai dibicarakan di media sosial dan forum Kaskus. Di situ terpampang sebuah foto dari salah satu pemberitaan media online, di mana ditemukan biskuit untuk ibu hamil yang bergambar Wirianingsih sebagai caleg PKS dari daerah pemilihan DKI Jakarta III.

Tulisan dari stiker itu ialah "Bantuan ini diperjuangkan dan diusahakan oleh Dra Wirianingsih, M.Si Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PKS Periode 2009-2014. Caleg DPR RI Dapil DKI 3. Cerdas-Ramah-Peduli" dan foto si caleg berkerudung putih berkacamata. Padahal, di bungkus biskuit itu bertuliskan "gratis" dan logo Kemenkes.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHindra Liauw

Close Ads X