Survei: Mayoritas Pemilih Demokrat Dukung Jokowi Jadi Capres

Kompas.com - 09/01/2014, 19:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (30/12/2013). JLNT sepanjang 3,4 kilometer yang terdiri dari tiga paket proyek pembangunan, yaitu Jalan Casablanca, Prof Dr Satrio, dan KH Mas Mansyur, resmi dibuka hari ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOGubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau Jalan Layang Non-Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (30/12/2013). JLNT sepanjang 3,4 kilometer yang terdiri dari tiga paket proyek pembangunan, yaitu Jalan Casablanca, Prof Dr Satrio, dan KH Mas Mansyur, resmi dibuka hari ini. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat (PD) masih menyaring bakal calon presiden (capres) yang akan diusungnya pada Pemilu Presiden 2014. Di tengah upaya itu, survei menunjukkan, sebanyak 44,7 persen responden yang mengaku akan memilih PD mengunggulkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi sebagai presiden.

"Yang paling mengejutkan adalah, ternyata mayoritas responden yang mengatakan akan memilih PD jika pemilu dilaksanakan saat survei dilakukan, mengaku memilih Jokowi sebagai presiden," ujar Direktur Riset Cirus Surveyors Group (CSG) Kadek Dwita Apriani dalam diskusi dan paparan hasil survei di Jakarta, Kamis (9/1/2014).

Ia menuturkan, jumlah responden pemilih PD yang memilih Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan justru hanya 6,8 persen. Padahal, berdasarkan survei, dibandingkan 10 peserta konvensi lainnya, Dahlan Iskan menduduki peringkat tertinggi. Kadek mengatakan, angka keterpilihan Dahlan Iskan itu justru lebih rendah dibandingkan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto yang merebut angka 12,1 persen.

Survei CSG tersebut dilakukan dengan responden sebanyak 2.200 orang yang tersebar secara proporsional di 220 desa/kelurahan di 33 provinsi. Survei dilakukan pada Desember 2013 lalu. Dari total responden yang diwawancara, 6 persen responden menyatakan memilih PD saat pemilu.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X