Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2013, 10:35 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah tulisan berjudul "Anas: Kejarlah Daku Kau Terungkap" muncul di laman Kompasiana, dengan Sri Mulyono sebagai penulis. Respons atas tulisan itu adalah somasi dari Palmer Situmorang yang mengaku sebagai kuasa hukum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga.

Sebagai bahan tulisan Mulyono, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum punya cerita panjang. Termasuk dugaan latar kemunculan Palmer itu. "Wajar kalau kemudian Pak SBY khawatir dan kemudian ditunjuklah lawyer. 'Dari khawatir lahirlah Palmer'," ujar Anas, Kamis (26/12/2013).

Sepanjang Kamis malam hingga Jumat (27/12/2013) dini hari, Anas menulis kultwit panjang seputar dinamika politik nasional, terutama terkait dengan bekas partainya itu. Kultwit itu menggunakan hashtag #cawapressby.

Menurut Anas, saat ini SBY sedang menghadapi gelombang ketidakpuasan publik yang makin terasa. Janji SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat untuk mendongkrak elektabilitas partai ke level 15 persen pada akhir 2013, hampir pasti pula tak terpenuhi.

"Alih-alih naik menjadi 15 persen, survei menunjukkan angka Demokrat justru makin merosot di bawah kepemimpinannya," kata Anas. Sebaliknya sebagai kepala keluarga Cikeas, imbuh dia, SBY juga mendapat sorotan terkait beberapa kasus hukum aktual yang menyerempet keluarga dan lingkaran dekatnya.

"Bahkan sekarang ada guyonan 'apapun kasusnya, arahnya ke kelurahan juga', seperti iklan teh botol," kata Anas. Menurut dia, semua hal itu bertumpuk menjadi kekhawatiran SBY sampai merasa perlu menunjuk kuasa hukum.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.