Kompas.com - 02/12/2013, 16:56 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra Liauw

CIPANAS, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan Kementerian Luar Negeri, terutama perwakilan Indonesia di Thailand, untuk selalu siap membantu warga negara Indonesia di Thailand. Suasana di Negeri Gajah Putih itu tengah memanas.

"Menlu (Marty Natalegawa) senantiasa melaporkan situasi di Thailand, langkah-langkah yang harus diambil bilamana ada situasi yang khusus," kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Istana Cipanas, Jawa Barat, Senin (2/12/2013).

Julian mengatakan, seperti terhadap negara lain, Pemerintah Indonesia tetap mendukung pemerintahan yang sah di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra.

"Tentu sikap kita terhadap pemerintahan di mana pun di dunia mendukung pemerintahan yang memang secara sah terbentuk dengan legitimasi," kata Julian.

Seperti diberitakan, eskalasi politik di Bangkok tengah meningkat tajam. Para pengunjuk rasa anti-pemerintah mencoba merangsek masuk ke Kantor Perdana Menteri dan markas polisi. Mereka berusaha menggulingkan Yingluck karena pemerintahannya dinilai tetap dikendalikan kakaknya, mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, yang digulingkan tahun 2006 dan kini mengasingkan diri di Dubai.

Unjuk rasa yang telah berlangsung satu pekan itu menimbulkan kekhawatiran terjadinya ketidakstabilan berkepanjangan di Bangkok. Sebagian besar korban tewas dan terluka adalah pendukung Thaksin yang berkumpul di sebuah stadion di Bangkok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.