Kompas.com - 28/11/2013, 16:49 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Deviardi, pelatih golf mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, mengaku pernah dititipkan uang oleh Artha Meris Simbolon, Direktur Utama PT Parna Raya Grup. Menurut Deviardi, uang yang dititipkan Artha untuk diberikan kepada Rudi.

"Pertama langsung kasih 200.000 dollar AS," kata Deviardi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarya, Kamis (28/11/2013).

Deviardi bersaksi untuk Komisaris PT Kernel Oil Private Limited, Simon Gunawan Tanjaya, dalam sidang kasus dugaan suap di lingkungan SKK Migas. Deviardi mengaku kali pertama bertemu Artha saat bermain golf di Gunung Geulis, Jawa Barat. Dia dikenalkan oleh Rudi.

Setelah itu, Deviardi kembali bertemu Artha di Hotel Sari Pan Pacific. Saat itu Artha menitipkan uang 200.000 dollar AS untuk Rudi. Tak hanya sekali itu, Artha kembali menitipkan uang ke Deviardi sebesar sekitar 22.000 dollar AS ketika bertemu sebuah kafe dan 50.000 dollar AS di McDonalds, Jakarta.

KPK sendiri pernah memeriksa Artha secara intensif beberapa waktu lalu dan menggeledah kantor Parna Raya di Menara Imperium, Jakarta. Artha juga telah dicegah bepergian ke luar negeri.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan tiga tersangka, yaitu Rudi, Deviardi, dan Simon. Dalam dakwaan, Simon disebut memberikan suap sebesar 900.000 dollar AS dan 200.000 dollar Singapura untuk Rudi melalui Deviardi. Pemberian uang tersebut dilakukan agar Rudi Rubiandini menggunakan jabatannya untuk melakukan perbuatan terkait pelaksanaan lelang terbatas minyak mentah dan kondensat bagian negara di SKK Migas.

Di antaranya, Rudi diharapkan menyetujui Fossus Energy Ltd sebagai pemenang lelang terbatas kondensat Senipah bagian negara pada 7 Juni 2013 untuk periode bulan berikutnya, kemudian menyetujui kargo pengganti minyak mentah Grissik Mix bagian negara untuk Fossus Energy Ltd periode Februari-Juli 2013, menggabungkan lelang terbatas minyak mentah Minas/SLC bagian negara dan kondensat Senipah periode Agustus 2013. Selain itu, Rudi diharapkan kembali menyetujui Fossus Energy Ltd sebagai pemenang lelang terbatas minyak mentah Minas dengan kondensat Senipah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.