KPK Geledah Kantor PT BPD Kalbar

Kompas.com - 27/11/2013, 22:43 WIB
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi.
Penulis Icha Rastika
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah kantor PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat yang beralamat di Gedung Wisma Eka Jiwa, Mangga Dua, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2013). Penggeledahan dilakukan terkait dengan penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam kepengurusan sengketa pemilihan kepala daerah di Mahkamah Konstitusi dengan tersangka mantan Ketua MK Akil Mochtar.

"Perlu diinformasikan lagi bahwa sore tadi, penyidik KPK melakukan penggeledahan di Kantor PT Bank BPD Kalimantan Barat, di Gedung Wisma Eka Jiwa, Mangga Dua, Jakarta Pusat, terkait dengan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dalam pengurusan perkara sengketa pilkada di MK dengan tersangka AM (Akil Mochtar)," kata Juru Bicara KPK Johan Budi.

Menurutnya, penggeledahan ini baru saja selesai dilakukan. Namun, Johan mengaku belum tahu apa saja yang disita tim penyidik KPK dalam penggeledahan tersebut.

Pada Selasa (26/11/2013) sekitar pukul 23.00 WIB hingga menjelang pagi ini, KPK menggeledah kantor dua perusahaan milik saksi kasus pilkada MK, Mochtar Effendi. Adapun Mochtar diduga sebagai orang kepercayaan Akil. Perusahaan yang digeledah itu adalah PT Promic Jaya, di kawasan perkantoran Cibinong, Kabupaten Bogor, dan di kawasan Cempaka Sari V, Cempaka Putih, Jakarta.

Dalam penggeledahan di kantor dua perusahaan ini, KPK menyita catatan keuangan perusahaan, dokumen terkait pilkada, dan bukti elektronik yang bisa berupa rekaman kamera pengawas (CCTV). KPK menetapkan Akil sebagai tersangka atas tiga perbuatan pidana, yakni menerima suap terkait Pilkada Lebak dan Gunung Mas, menerima hadiah atau gratifikasi, dan melakukan tindak pidana pencucian uang.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X