Prabowo Beberkan Kriteria Cawapres Idamannya

Kompas.com - 27/11/2013, 14:56 WIB
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto Kompas.com/SABRINA ASRILKetua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku masih terus mencari sosok yang akan mendampinginya dalam pemilihan umum presiden 2014. Meski belum mengungkapkan siapa calon pendampingnya, tapi Prabowo membeberkan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi bila ingin mendampinginya di tahun depan.

Prabowo menjelaskan, seorang wakil presiden harus mampu menggantikan peran dan menjalankan tugas sebagai presiden saat dibutuhkan. Untuk itu, kapabilitas dan jam terbang menjadi syarat utama yang diberikan Prabowo untuk calon pendampingnya.

"Masih terus kita cari, yang penting bisa gantikan presiden saat diperlukan. Saya harus cari yang kapabel," kata Prabowo, seusai menjadi pembicara dalam sebuah seminar di Kampus FKUI, Salemba, Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Selanjutnya, kata Prabowo, figur yang akan menjadi pendampingnya juga harus memiliki jiwa nasionalis yang tinggi, berkomitmen pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta jujur dan bersih dari catatan hitam pelanggaran hukum dan tindak pidana korupsi.

"Orangnya pengalaman, cerdas, patriotik, cinta merah putih, dan NKRI," pungkasnya.

Mantan Komandan Jenderal Kopassus itu juga mengaku saat ini dirinya terus menjalin komunikasi dengan semua tokoh dari semua partai politik yang akan berkompetisi di tahun depan. Prabowo mengklaim hubungannya dengan semua tokoh politik nasional sangat baik.

Ia juga tak menampik adanya kemungkinan berkoalisi di tahun depan. Keputusan itu baru akan ditentukan setelah hasil pemilihan legislatif 2014 diketahui.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X