Mendagri Minta Djohermansyah Jaga Netralitas PNS di Pilgub Riau - Kompas.com

Mendagri Minta Djohermansyah Jaga Netralitas PNS di Pilgub Riau

Kompas.com - 21/11/2013, 12:44 WIB
DEYTRI ROBEKKA ARITONANG Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi menginstruksikan Penjabat Gubernur Riau Djohermansyah Djohan agar menjaga netralitas birokrasi pegawai negeri sipil (PNS) di jajaran Provinsi Riau dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Riau. Jangan ada mobilisasi PNS dalam penyelenggaraan pesta demokrasi itu.

"Saya perlu menggarisbawahi agar Pejabat Gubernur Riau benar-benar mengingatkan seluruh PNS di Provinsi Riau untuk bersikap netral pada pemilihan gubernur putaran kedua. Dorong iklim netralitas birokrasi di lingkungan pemerintah daerah guna menghindari mobilisasi politik di kalangan PNS," ujar Gamawan dalam sambutannya pada upacara pelantikan Pj Gubernur Riau di Komplek Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2013).

Ia mengatakan, hal itu harus dilakukan agar terwujud penyelenggara pemda yang efektif dan berwibawa, terutama pascapenyelenggaraan pilgub. Gamawan juga meminta Djohermansyah berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan pilgub pada 27 November 2013.

Djohermansyah Djohan mengaku akan menjaga netralitas PNS dalam penyelenggaraan pilgub. Menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri itu, di banyak daerah, pada saat penyelenggaraan pemilu memang sering terjadi mobilisasi PNS untuk mendukung salah satu pasangan calon kepala daerah.

"Bukan hanya di Riau saja, di banyak daerah juga PNS sering dimobilisasi saat pilkada. Akhirnya mereka jadi tidak netral," ujar Djohermansyah seusai pelantikan.


EditorSandro Gatra

Terkini Lainnya


Close Ads X