Diwacanakan, Moeldoko sebagai Cawapres Ical

Kompas.com - 20/11/2013, 15:12 WIB
Panglima TNI Jenderal Moeldoko saat dilantik di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2013). KOMPAS.COM/Sandro GatraPanglima TNI Jenderal Moeldoko saat dilantik di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2013).
|
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com — Nama figur yang akan menjadi bakal calon pendamping Aburizal "Ical" Bakrie di Pemilihan Umum Presiden 2014 terus bergulir. Kali ini Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar Akbar Tandjung memunculkan nama Panglima TNI Jenderal Moeldoko sebagai calon wakil presiden dari Partai Golkar.

Ia menjelaskan, sampai saat ini ada sejumlah nama yang telah dimunculkan sebagai calon pendamping Ical. Di antaranya adalah anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, mantan Ketua MK Mahfud MD, dan politisi PKB Khofifah Indar Parawansah.

"Sudah disebut beberapa nama, kita menunggu bersedia atau tidak. Ada Moeldoko, (tetapi) enggak mau berkomentar," kata Akbar saat dijumpai di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (20/11/2013).

Walau begitu, Akbar menyarankan agar Partai Golkar menentukan calon pendamping Ical setelah pemilu legislatif pada 2014. Setelah itu, penentuannya dapat diketahui melalui mekanisme langsung atau berkoalisi dengan partai politik lainnya.

"Sebaiknya setelah pileg supaya kita tahu posisi Golkar apakah bisa mengusung langsung atau berkoalisi," ujarnya.

Sejumlah tokoh di internal Partai Golkar menganggap Ical perlu menggaet figur yang memiliki latar belakang suku Jawa. Hal ini bertujuan memperoleh lebih banyak suara di Pulau Jawa. Cawapres yang akan diusung Partai Golkar menjadi wewenang penuh Ical. Hal itu telah diatur dan merupakan amanat dari Rapimnas Partai Golkar sebelumnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X