KPU Malut Gelar Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Provinsi

Kompas.com - 17/11/2013, 08:55 WIB
|
EditorHindra Liauw
TERNATE, KOMPAS.com – Setelah mengesahkan hasil rekapitulasi suara Kabupaten Kepulauan Sula di delapan kecamatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku Utara kembali mengagendakan rapat pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi pada Minggu (17/11/2013). Ini merupakan yang keempat kalinya KPU Malut menetapkan jadwal rapat pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi.

Sebelumnya, KPU menetapkan jadwal pleno rekapitulasi suara pada Senin (11/11/2013). Namun hal itu terkendala dengan hasil pleno KPU Kabupaten Sula di 8 Kecamatan sehingga KPU mengundurkan jadwalnya pada Rabu (13/11/2013). Namun, jadwal kedua itu terpaksa ditunda lantaran rekapitulasi delapan kecamatan tak belum selesai hingga Rabu.

KPU Kembali menjadwalkannya pada Jumat (15/11/2013), namun gagal lagi karena alasan yang sama. Rekapitulasi suara Kabupaten Kepulauan Sula di delapan kecamatan belum juga tuntas. KPU baru memastikan jadwal pleno rekapitulasi suara Pilgub Malut putaran II pada Minggu (17/11/2013) setelah Sabtu sore mengesahkan rekap suara di delapan kecamatan tersebut.

“Untuk Sula sudah selesai. Jadi besok (Minggu) dijadwalkan rapat pleno tingkat provinsi,” ujar Mulyadi Tutupoho, Ketua KPU Malut, Sabtu (16/11/2013).


Pleno rekapitulasi suara Kabupaten Kepulauan Sula di delapan kecamatan berlangsung alot sejak sepakan terakhir. Ini menyusul sejumlah data seperti Form C1 dan Form D1 yang sudah dihapus dan diganti angkanya.

Meski begitu, KPU tetap mengesahkan angka-angka yang ada dalam dokumen tersebut. Sebanyak delapan kecamatan yang disahkan KPU menyebutkan pasangan Ahmad Hidayat Mus-Hasan Doa sebagai meraih 32.822 suara, sedangkan pasangan Abdul Ghani Kasuba-Natsir Thaib memperoleh 1.619 suara.

Dengan demikian, total perolehan suara untuk seluruh Kabupaten Kepulauan Sula (ditambah empat  kecamatan yang sudah disahkan KPU Sula sebelumnya) sebanyak 64.200 suara untuk pasangan AHM-Doa dan 13.932 suara untuk pasangan AGK-Manthab.

Data ini nantinya akan diplenokan lagi oleh KPU Malut bersamaan dengan hasil perolehan suara tiap kabupaten/kota se-Maluku Utara, Minggu (17/11/2013).

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X